koneksi internetnya baik2 aja kok oom. awalnya juga saya curiga karena
koneksi ngadat, tp setelah diperhatikan ternyata nggak. saat gtalk lagi
ngadat, koneksi saya tes gak masalah. signal bagus dan manteng di 3G (ato
wifi kalo kebetulan lagi dirumah).

makin yakin setelah dibandingkan dgn fring. saya bandingkan dgn fring karena
fring juga bisa chat dgn gtalk account. dgn koneksi internet yg sama dan
gtalk account yg sama, chat di fring biasanya langsung masuk secara instant,
message masuk saat itu juga (realtime) dan saat kirim juga gak pernah
masalah. sementara di gtalk, message masuk sering sekali delayed bahkan
kadang gak masuk sama sekali, dan saat kirim sering sekali "this message
could not be sent" karena lagi2 lost connection. musti balik lagi ke contact
list supaya Gtalknya refresh. ngeselin lah pokoknya. perbandingan lain
(walau udah beda sistem) yaitu dgn whatsapp yg juga sangat reliable utk
realtime chat.

kalo bisa memilih, tentunya saya juga lebih milih hanya pake Gtalk saja
tanpa musti ribet install IM app tambahan lainnya. tapi ternyata utk kasus
saya Gtalknya belum bisa diandalkan jadi mau gak mau musti mengandalkan IM
apps lain.

kenapa saya pake fring? awalnya karena butuh voip call (ngirit pulsa
daripada musti voice call :). dan kebetulan fring bisa chat dgn gtalk dan ym
account jadi saya anggap added bonus aja. tp ternyata malah lebih reliable
dibanding Talk-nya sendiri (utk kasus saya lho ya, blm tentu semua mengalami
hal yg sama). akhirnya account gtalknya malah saya pake di fring bukan di
Talk. dan alhamdulillah fring gak bikin boros batere juga.

kalo mau liat pembahasan kasus ini...search aja di google dgn keyword "lost
connection to server gtalk". rata2 saya udah liat dan blm ada solusi yg
ampuh utk masalah saya. tadinya ngarepin Gtalk utk diupdate yg bisa fix
masalah ini. tp setelah sekian lama nunggu akhirnya jd pesimis karena belum
ada update sampe sekarang. jgn2 udah jadi abandoned app nih si Gtalk ini.
perhatiin aja, sementara google apps lain spt gmail, gmaps, market dll udah
berkali2 update...gtalk teteeuuupp aja di versi 1.3 sampe sekarang.

Salam,
-Yoshwar

Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine
http://www.sonyericsson.com/product/xperiaarc/video/mbe