2011/5/17 Radia Latief <yofa...@gmail.com>

> *Saya kurang tahu mengenai ebuddy, tapi kalau teori/logika seharusnya c2dm
> adalah metode paling efisien untuk permasalahan notifikasi.*

yup...tp teori sering malah tidak sesuai dgn prakteknya :)

> *Tapi memang betul belom tentu semua app yg ngaku pakai c2dm lantas pasti
> efisien karena bisa aja proses2 selanjutnya dari si app setelah nerima
> notifikasi c2dm ternyata ngga efisien.*

itulah perlunya BMW/BattHistory utk monitor apps mana yg berpotensi bikin
boros batere seperti yg sudah saya ulas di post saya sebelumnya soal tips
ngirit batere di android.

> *Lalu mengenai "wake", kalau yang dilihat hanya wake time nya barangkali
> belum bisa dipastikan kalau dia boros. Misalnya, nyalain facebook 5 menit vs
> game berat 1 menit, rasanya akan lebih boros yang game.*

ini partial wake lho, bukan screen on wake. partial wake itu proses yg jalan
di background saat screen off (when the system should be sleeping).

> *kalau gitu mungkin launcher/animasi2nya yang bloated? Plain vanilla
> memang adalah yg terbaik (kalau kita milih batre daripada eyecandy) :D*

nope...stock launcher and all default apps. no additional apps saat itu.

> *oke saya ngga pernah bilang rom ngga ngaruh (belum lama saya jelaskan di
> atas), tapi maksud saya tuh kalau yang hh nya cuma tahan standby 6 jam,
> ganti ROM ga akan memecahkan masalah. Yang ada nanti seperti yg saya posting
> sebelum ini, pake custom rom tau2 malah abis 15% tiap 2 jam.*

lha...piye toh? saat masih pake stock rom, hh saya cuma tahan 8 jam. setelah
ganti custom rom sekarang tahan 24 jam. gimana gak memecahkan masalah kalo
kayak gitu? :)

saya gak bilang custom rom akan jadi solusi utk semua masalah batere, tp at
least utk saya begitu.

Salam,
-Yoshwar

Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine