Intinya baterai akan cepat habis kalau:

   - CPU kerja terus (walau screen off dan internet mati)
   - Transfer data terus (walau CPU ga gede-gede amat pemakaiannya dan
   screen mati)
   - Layar kita nyalain terus (mungkin karena doyan baca-baca / utak-atik
   walaupun pemakaian CPU & internet ngga tinggi).
   - Dkk.

Jadi coba dicek aplikasi-aplikasinya, pasti ada yang terus-terusan memakai
koneksi internet dengan tidak efisien, atau bahkan ada aplikasi ga beres
yang terus-terusan membebani CPU di luar kesadaran kita walaupun si aplikasi
sedang jalan di background (beda hal kalau kita memang sengaja menjalankan
Waze misalnya yang memang akan terus menguras baterai walaupun HH sedang
standby).

20 jam heavy usage wajar, saya kalau pemakaian normal charge cuma 1x sehari
yang kadang dalam keadaan baterainya masih hijau (baca: baterai saya tahan
lebih dari 24 jam). Kalau lagi hari libur (konek WiFi terus dan HH jarang
bangun) malah kadang sudah 20 jam tapi baterainya masih 70%.

Juice Defender memang akan bisa menghemat, terutama untuk poin nomor 2 di
atas, dengan catatan kita rela kehilangan beberapa fitur yang membutuhkan
koneksi internet tak terputus. Saya kalau pakai Juice Defender mungkin
baterainya akan tahan 3 hari++.

Nexus S kan vanilla tuh, ngeceknya gampang:

   1. Factory reset
   2. Login ke gmail, latitude, gtalk, calendar
   3. Jangan install aplikasi dulu, termasuk login ke facebook/twitter
   4. Charge sampai full
   5. Biarin standby beberapa jam.
   6. Lihat penurunan persentase baterainya, kalau di atas 2% per jam
   berarti *baterenya rusak*.

Kalau di bawah 2% per jam, berarti normal. Silakan mulai coba install
aplikasi-aplikasi lain dan tentukan sendiri mana app yang cocok untuk anda
:p

Kalau saya sekarang untuk urusan komunikasi cuma pakai *Gmail* (1 account
ini aja untuk menangani banyak alamat email saya maupun langganan banyak
milis) dan *Gtalk *(yang juga bisa chat dengan contacts Yahoo lewat Jabber
transport). Facebook, Twitter, refresh intervalnya saya set ke
*never*(karena mereka masih pakai sistim "refresh interval").