Seperti yang pernah saya sampaikan, kalau mau mengukur kinerja paket
unlimited itu ibarat menghitung argo taksi. Kita tidak akan lihat-lihat
argonya kalau jalanan lancar atau malah lewat jalan tol, tapi kita baru
cemas kalau taksinya lewat jalan macet, mobil tidak maju-maju sementara
argonya jalan terus.

Kalau saya ukur dengan aplikasi android booster, maka konsumsi bandwidth
saya dalam seminggu mendekati dua giga. Padahal aktivitas download yang saya
lakukan cuma untuk download aplikasi-aplikasi di market, download attachment
di 4 akun email serta sharing file-file office di dropbox. Sekali seminggu
video chat dan membuka belasan video youtube. Rasanya nggak wajar habis
segitu banyak, tapi itu realitasnya! Jadi fair usage versi saya itu mungkin
sekitar 6 giga perbulan :)

Jadi kesimpulan saya, tidak ada gunanya membandingkan kecepatan operator
manapun pada saat limit kuotanya belum tercapai. Tapi sangat penting untuk
membandingkannya saat sudah over kuota. Dan itu alasan utama saya
meninggalkan paket telkomsel :)

Iwan Suryolaksono
Sent from HTC Flyer

Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine