Kelemahan dasar swiftkey itu menurut saya,  terutama saat kita hendak
mengetik cepat dan menggunakan dua dictionary,  saya summary kan berikut
ini:

1. Sering sekali menambahkan tanda baca titik setelah input spasi walaupun
defaultnya hal itu terjadi setelah dua kali spasi.  Jadi solusinya adalah
mematikan fitur quick ". " yang ada pada setting. Dengan mematikan fitur
inipun penambahan tanda ". " secara tidak sengaja masih kadangkala terjadi.
Saya kira ini bug yang harus diperbaiki pada release berikutnya, karena
kalau tidak, keyboard sebagus apapun jadi tidak bisa digunakan. Saya menduga
adanya bug pemberian tanda titik ini disebabkan karena swiftkey mengolah
data ritme dan kecepatan mengetik.

2.  Terlalu dekat jarak antara tombol spasi dengan tombol ". " sehingga
masih mudah terjadi kesalahan pengetikan tombol spasi yang tidak perlu. Dan
lagi-lagi mengetikkan tombol ". " tanpa sengaja.

3.  Saat kita mengetik cepat, masih sering memunculkan huruf kapital di
tengah-tengah tanpa sengaja.  Saya kira bug input huruf kapital ini sangat
mirip dengan bug pemberian tanda titik, baru terjadi ketika kita hendak
mempercepat ritme mengetik, dan ini luar biasa mengganggu!

4. Ketika ritme mengetik meningkat maka bug berikutnya yang juga tidak
jarang terjadi adalah display keyboard tiba-tiba menghilang tanpa sebab dan
mesti kita touch kembali pada teks untuk mengaktifkannya.

5. Proses pencocokan AI pattern pengetikan oleh SwiftKey yang berjalan di
background pada waktu tertentu saat kecepatan mengetik sangat tinggi bisa
tiba-tiba mendelay respon terhadap input,  dan bila hal itu terjadi selama
beberapa detik saja sudah membuyarkan konsentrasi kita.

Sofar swiftkey punya great potential untuk merevolusi cara kita berinteraksi
dengan keyboard.  Tapi untuk kebutuhan hari ini, mengandalkan swiftkey untuk
aktivitas mengetik yang serius terlalu riskan dan tidak mungkin dilakukan.

Iwan Suryolaksono
Dikirim pakai jasa XL unlimited