From: dolly surya <gad...@wisaka.or.id>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Wed, 27 Jul 2011 15:31:11
To: <id-android@googlegroups.com>
Subject: Re: [id-android] Mod: Tidak ada antrian Khusus ID-ANDROID

Saya bukan ahli Marketing, tapi mari kita simak beberapa hal dibawah yang
terkait dengan launching handset Android akhir-akhir ini.

*1. Persaingan Global*
Seperti kita ketahui bahwa semua berlomba2 menjadi penguasa devices di dunia
ini. No doubt about it.
Symbian tergusur, RIM sedang re-alignment dan iOS sedang menikmati "panen"
kesekian kali nya.
Android? anak baru yang petantang petenteng membagi-bagikan senjata nya ke
banyak pemain. Dalam hal ini
adalah para provider handset existing yang memang sedang limbung. Akhirnya
Motorola bisa selamat, SE kembali bangkit,
LG punya mainan baru dan Samsung mulai berani membusungkan dada. Dont talk
about HTC, it's a pioneer.
Model business seperti ini awal nya masih dipandang sebelah mata oleh Apple
dan RIM. Apalagi windows mobile.
Semua masih beranggapan bahwa menguasai ekosistem dari hulu ke hilir akan
membuat business model yang bagus bagi mereka.
Lihat Apple dan RIM yang sangat percaya pakem ini, the damn thing is iOS
sangat memanjakan para pengguna nya tanpa berpikir... :D

*2. Kuda Hitam*
Tahun 2007/2008 HTC, Samsung, Sony Ericsson, Motorla dan brand lain nya
tidak masuk dalam peta persaingan "devices/terminal".
Ketika itu semua mata tertuju ke RIM dan IOS dengan 3GS nya, Windows Mobile
mulai menunjukan trend penurunan.
Google diam-diam sedang menggodok dan menyiapkan senjata yang diyakini ampuh
untuk masuk ke pasar devices. Dan terjadilah, Google menggandeng HTC,
pabrikan yang biasa membuat perangkat Windows Mobile namun sedang menurun
produksinya seiring meredup nya brand "microsoft" as mobile devices.

*3. Tetap tenang*
Sampai saat Motorola benar-benar selamat karena Android, akhirnya mengundang
pemain lain untuk memeriahkan dunia per-devices an.
Samsung, Sony Ericsson, LG bahkan brand "lokal" pun turut mengadu
peruntungan bermain dengan Android.
Incumbent masih tetap tenang walau statistik mulai menunjukan bahwa di
Amerika mereka mulai di gerogoti. Yap, masih di Amerika saja mereka
digerogoti. Pasar gemuk lain nya masih belum tersentuh.

*4. Persaingan sesama pemain*
Tahun 2010 dan tahun 2011 benar-benar kebangkitan Android !! User Interface
sudah mulai bagus dan dapat bersaing, para pemakai sudah dapat menerima dan
tahu tentang Android. Yang terjadi adalah persaingan di antara para produsen
Android itu sendiri !. Setidaknya cita-cita Google tercapai, *"Market growth
by it self base on open competition..."*. Jika di antara produsen Android
bersaing satu sama lain maka secara otomatis akan penjualan Android akan
semakin meroket. Persaingan antar brand saya percaya akan terjadi sampai
tahun depan. Berbagai macam cara akan mereka tempuh agar menjadi "incumbent"
untuk market Android. Berdasar informasi dari salah satu GSM provider,
jumlat perangkat android di jaringan nya sudah lebih diatas 150 ribu
devices! Dan iOS (iphone) ada dibawah nya. Trend perkembangan nya sangat
naik tajam seperti "booming" Blackberry beberapa tahun lalu.

Back to topic, apapun yang Samsung dan SE lakukan untuk launching produk2
nya mereka di Jakarta, yang dikejar adalah menjadi "dominant" player untuk
Android. Subsidi perangkat agar mendongkrak "hype" ketika launching
sangatlah mungkin, tinggal dimasukan ke cost promo Marketing, karena jika
kita cermati, advertisement nya mereka sangatlah kecil. Bahkan saya belum
lihat iklan tentang devices mereka di TV. Dan jika promo model seperti ini
berjalan, maka *"word of mouth"* akan terus mereka dapatkan, dan itu
sangatlah ampuh!

Maaf kepanjangan....

Thx,