All,

Mau sharing aja, sekaligus mengurangi kekesalan hari ini...
(sorry, ceritanya cukup panjang)

Tadi pagi, waktu aku buru-buru mau mandi karena sudah telat kuliah,
Nexus One tercinta aku taruh sembarangan di meja dekat wastafel. Meja
marmer ini tempat biasanya meletakkan sikat gigi, odol, listerine dll.
Meja ini sebenarnya terpisah dari wastafel, dan biasanya kering. Waktu
aku letakkan, aku ingat bener kalau udah cek kalau lokasinya
benar-benar kering, dengan memegang dengan tangan sebelum menaruh hp.

Setelah mandi, waktu aku ambil, terasa cover belakang hp sedikit basah
(saya letakkan di meja dengan layar menghadap ke atas). Aku pikir
waktu itu, "Nggak papa lah... paling ada air mengalir dari tempat lain
yg cuma membasahi bagian luar (cover batere) saja."  Karena emang
sudah hampir telat, buru-buru aku ambil aja tuh hp, lap sedikit air
yang ada, trus berangkat kuliah.

15 menit kemudian, di dalam kelas, (kebetulan tinggal di kampus), aku
coba hidupin layar, dan sempat connect ke WiFi kampus. "Ah, nggak
masalah" aku pikir. Tapi... beberapa menit setelah itu, aku coba
pencet tombol power untuk hidupin layar  (automatic screen off).
Ternyata nggak mau nyala layarnya!! Setelah mencoba-coba pencet tombol
power semakin keras, aku sadar kalau hp-nya masih agak basah, dan ada
sedikit air keluar diantara celah cover batere. Aku masih belum
khawatir tuh, aku pikir "Paling tadi belum kering bener nge-lap-nya".

Jadi aku masih berpikir kalau Nexus-nya kebetulan lagi hang, dan cuma
perlu cabut batere. (walaupun agak aneh, karena ini jarang banget
terjadi). So, aku buka cover batere dan copot batere-nya...
Ternyataaaaa..... microSD dan SIM card basah dan diselimuti air!!
Sepertinya genangan air yang aku sepelekan tadi sempat menyusup masuk
sampai ke dalam unit Nexus tercinta ini.

Buru-buru aku copot sim card dan microsd, lalu aku lap keduanya. Sisa
air yang terlihat di handheld juga aku lap sampai kering. Dan, seperti
biasanya disarankan di berbagai forum, begitu kena air, langsung copot
semua komponen dan biarkan kering. Tapi masalahnya, ini setidaknya
udah 20 menit lebih dalam kondisi hidup setelah kena air. "Moga-moga
belum ada yang korslet" aku berharap.

Selama kuliah, hp aku letakkan di atas meja dalam kondisi terbuka
dengan harapan bisa kering. Kira-kira 3 jam kemudian, setelah kuliah
selesai. Aku cek hp-nya. Sepertinya sudah kering. Jadi coba aku
hidupkan. Awalnya cukup menggembirakan. Tombol power ku tekan, dan hp
hidup. Logo Nexus, Logo CyanogenMod, dan booting normal. Huaaaa...
Langsung aku lega... "Happy Ending...".

Ternyata tidak.

Langsung terlihat tanda-tanda yang tidak menggembirakan:
pointer/attention kadang bergerak sendiri.
Seperti ada yang memutar trackball, padahal nggak saya sentuh. Tombol
volume naik tidak masalah, tapi tombol volume turun nggak responsif.
Kalau ditekan cukup keras, malah stuck dan volume turun terus sampai
silent. Tombol power tidak berfungsi. Ditekan tidak bisa mematikan
layar. Dan (yang lebih parah) kalau layar mati, tidak bisa untuk
hidupin layar. "Huaaa.. kacau nih..."

Sambil berharap yang terbaik, aku coba tunggu beberapa lama dalam
keadaan hidup. Trackball sepertinya mulai kembali normal, Nggak
gerak-gerak. Tombol volume tetap bermasalah, tapi nggak krusial.
Tinggal masalah tombol power. Langsung aja aku teringat kalau di
CyanogenMod bisa set "wake on trackball" (atau semacam itu), aku coba
aktifkan. Setelah layar aku biarin mati otomatis, aku coba tekan
trackball. Nggak bisa! Ternyata hand-held tidak mendeteksi tekanan
pada trackball. Tadi lupa cek apakah trackball press berpengaruh.

Lalu segala macam cara dicoba... menggoyang goyangkan hp dengan
harapan air keluar. Di taruh di bawah hand dryer, untuk keringkan air
(tapi nggak berani lama, takut kepanasan). Semuanya tidak ada efek!!

Alhasil, sekarang nexus one tercinta lagi nangkring di jendela kamar,
dijemur di terik matahari, tapi terbungkus selembar koran bekas, biar
nggak kena cahaya matahari langsung (yang katanya bisa merusak
elektronik dan katanya koran bekas bisa menyerap kelembaban dengan
baik).

Tapi aku nggak banyak berharap. Ini sepertinya akhir dari hubungan
panjang yang erat dan memuaskan antara aku dan Nexus One tercinta.
Setelah berkali kali terbanting dan jatuh dari meja. Berkali kali
tertindih barang-barang berat lain. Ternyata sang Nexus justru
menyerah pada kelembutan sebuah genangan air...

Goodbye my Nexus, thanks for all the memories...

best regards,
Bayu

Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev