2011/9/19 Radia Latief <yofa...@gmail.com>:
> Kalau saya simpulkan langkah-langkahnya adalah sbb:
>
> Bersihin HH-nya sampai cuma tinggal aplikasi bawaan pabrik/ROM.
> Cek pemakaian batrenya, apakah sudah efisien? Kalau ternyata enggak berarti
> ada yang salah ROM atau aplikasi bawaan pabrik.
> Kalau ngga ada sesuatu yang salah di nomor 2, berarti masalahnya ada di
> aplikasi 3rd party yang mana di sana digampangin dengan dikatakan "use your
> common sense".
>
> Berdasarkan penerawangan saya, justru common sense ini yang kurang dimiliki
> oleh sebagian besar teman-teman saya. Segala macam aplikasi ga jelas
> [...]

kalau device-nya sekompleks notebook, apalagi pakai windows, jelas
pengetahuan 'lebih' diperlukan agar notebook tetap jalan bagus, nggak
kena virus etc. nggak cuma sekali dua kali kok di milis mac itu ada
user yang komplain mac-nya pelan, setelah ditelusuri ternyata hdd-nya
penuh.

tapi kalau devce-nya itu handphone, yang pemakaian normalnya hanya
sebentar-sebentar, common sense itu device-nya yang mestinya lebih
robust untuk pemakaian yang 'umum', dan bukan usernya yang disalahin.
jangan pakai kacamata tinkerer (tukang oprek) untuk melihat pengguna
mayoritas.

--
http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid

Join ID-ANDROID Developers