kalau diutak atik terlalu dalam ibaratnya kayak nyekek selang karburator.
kita keluar dari apa yang udah diperhitungkan dengan teliti oleh vendor.

walaupun, ga nutup kemungkinan ada vendor yang kurang oke settingannya.

Underclock/volt di mata saya sama aja ama penggunaan juice defender. Buat
saya, bisa charge 1x sehari udah cukup.

Tergantung pemakaian, memang betul. Silakan menganggap HH sebagai notebook
(yang kalau saya sih ga bisa, orang ngebuka word di notebook aja saya males)
:D Tapi kalau mau mengukur seberapa hemat batrenya, ya jangan bandingin
pemakaian. Variablenya terlalu banyak. Pemakaian yang kita anggap ekstrim
bisa jadi malah kalah boros dibanding pemakaian standarnya
orang lain (saya kasih contoh video vs waze display off di atas). Belom lagi
untuk 1 tujuan pemakaian bisa ada bermacam2 app yg beda, yg tentu beda pula
kualitasnya.

Kalau mau ngetest, test lah dalam keadaan standby. Ini juga yang tertulis di
artikel yang ada di awal thread ini.