Iya betul. Soal indikator battery drain itu memang yang paling mudah dan
cukup akurat adalah dari seberapa panas HH kita dipegang tangan.

Apakah kita menggunakan aplikasi untuk melakukan penghematan baterei atau
menggunakan custom ROM dengan governor khusus, untuk memastikan seberapa
hemat baterei kita, saya sering hanya memeriksa dari seberapa panas HH yang
kita gunakan.

Semakin bagus manajemen powernya, maka akan semakin dingin baterei, dan
pasti jadi sangat irit. Begitu pula sebaliknya.

Dari banyak pengalaman saya, yang paling cepat membuat panas HH adalah
running games HD, dan itu juga pasti tidak ada ampun untuk batereinya.
Aplikasi yang membutuhkan dual digitizer seperti notes di flyer juga
termasuk kategori battery-drain apps, sehingga kalau kita aktif memakai
magic pen, tidak bisa berharap umur bateri panjang.

Salam,
Iwan Suryolaksono

Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev