Ijazah tetap hard copy, nggak secara langsung diakui sekolah sini, ya
dianggap sama dan setara sekolah dari luar negri. Tapi kalau mau masuk
Harvard, MIT, CU, dll jauh lebih mudah masuk daripada ijazah lokal.
Hitungannya sama saja dengan lulusan sekolah Cambridge UK yang regular.

Banyak juga yang sudah masuk ke UI, ITB, UGM dll. bahkan dapat beasiswa.

Untuk bisa diakui sekolah sini ada banyak jalannya, bebas dan silahkan
pilih sendiri. Ada yang ikut PAKET A,B,C (lulus SD, SMP, SMA), bisa ikut
umbrella school (dianggap mengikuti dan lulus sekolah biasa, tapi tetap
belajar di rumah), dan banyak jalan lain.

Saya sih nggak punya pandangan untuk menyamakan dengan ijazah disini,
karena saya sendiri sudah buktikan kalau bisa kuliah dan kerja enak tanpa
ijazah lokal.

Kalau ikut umbrella school, semua proses ujian dan ijazah diikuti dan
didapatkan seperti sekolah biasa.

salam
-iggy

PING'S Mobile - Plaza Semanggi