kalo menurut saya, mending kalo punya teman di Jakarta, alamat
pengirimannya di Jakarta aja, Custom Jkt lebih enak kayaknya, selama ini
saya minta bantuan dr temen Jkt kalo ada pengiriman dr luar negeri.
Pengalaman ga enak dg custom surabaya. beli hp BNIB dr german, tp ga resmi
di Indonesia, harganya waktu itu 2,4jt. Kena duit di kantor pos kebon rojo
400an ribu.

Biaya tambahan tsb katanya karena ga resmi, ga ada di daftar ditjen postel.
Itu aja akhirnya dapet konfirmasi kalo barang udah datang, hampir satu
bulan sejak pengiriman dari Germany. Oh iya, ini belinya ga di ebay, tapi
di kirim temen dr Germany, udah di kasi tulisan gift, harganya udah turun
banget, di bungkus kertas kado motif batik. Dari invoice yg di liatkan sama
temen, genap 36 hari dr pengiriman, akhirnya paket tsb sampe di tangan saya.

Sejak itu saya ga pernah berurusan dg custom dan kantor pos Surabaya.

**wah jadi curcol nih, no offense buat rekan yg kerja di custom yah.. :)