Sebenarnya tidak aman juga. Rasanya tidak mungkin Samsung atau vendor lain
membuat suatu smartphone high end yang hanya dapat dipasarkan di Indonesia
tapi tidak di negara-negara lain. Sehingga pada akhirnya akan mengurangi
pilihan kita sebagai konsumen.

Kalau saya pribadi merasa prihatin dengan praktek-praktek dagang seperti
ini. Selain terhadap Samsung, Apple juga memasukkan tuntutan baru terhadap
HTC setelah kemarin gagal membendung masuknya HTC One X ke AS. Mungkin ini
adalah bentuk kepanikan Apple terhadap Galaxy S 3 yang digadang-gadang
lebih populer dari 4S dan One X. Berdasarkan artikel di endgadget, pada
2016 iOS diprediksi pada peringkat 3 saja dengan share 19% dibawah Windows
Phone 8 (19,2%) dan Android (50%an).

Terus terang karena keserakahan ini, saya tidak akan pernah memakai produk
Apple sebagus apapun. Umum kalau suatu perusahaan serakah tetapi rasanya
Apple keterlaluan. Padahal mereka sudah mempunyai margin yang sangat besar
(70%), harga premium untuk produk yang secara hardware tidak wah dan
diproduksi di Cina (upah rendah). Alih-alih membuat produk yang bagus
sekali, setiap produknya hanya memberikan perbaikan yang tidak maksimal
dari produk sebelumnya dengan tujuan mengeruk untung sebesar-besarnya.
Ditambah lagi usaha mengurangi pajak dengan membuat perusahaan-perusahaan
kecil di negara-negara dengan tingkat pajak rendah. Sekarang mereka
berusaha memaksa kita membeli produk mereka dengan menghilangkan persaingan
dan dengan cara yang tidak sehat pula.

On Thursday, June 7, 2012 12:16:08 PM UTC+7, dhany sus wrote:

> Yg penting di indo amannn..

> [...]

Kirim email ke