Waduh2
Edan,.pengen juga dong bisa oprek-oprek..
+99

-----Original Message-----
From: Antonius Fran Setiawan <andr...@frans.web.id>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Mon, 17 Sep 2012 09:07:46
To: <id-android@googlegroups.com>
Subject: [id-android] Testing newbie : Axioo PicoPad Gea 5

Maaf kalau hasil review dan oprekan dari newbie belum memuaskan
rekan-rekan di milis ini .... selamat menikmati

Sebenarnya pada awal handheld ini dirilis, saya sudah naksir, hanya saja
karena keterbatasan dana dan waktu, baru hari rabu malam saya order ke
Alex (http://lex-store.net), barang saya terima sabtu pagi. begitu open
box, kesan saya....biasa aja hehehehehe karena seperti halnya beberapa
handset merk lokal, selain kelengkapan standart, diberikan juga hard
case, karena saya order warna putih, maka asesoris lainnya juga warna
putih, charger dan kabel datanya juga putih.

First Impression
Kinerja gadget ini cukup baik dan standart, seperti halnya handset saya
sebelumnya yang menggunakan processor MTK, hanya ada hal kecil yang
menurut saya pribadi agak mengganggu, yaitu pada saat boot pertama kita
diminta memilih launcher antara launcher standart ICS dan Go Launcher.
Dengan density standart dan kerakusan go launcher akan resource, maka
saya tidak menganjurkan anda menggunakan go launcher.
Daya tahan baterai cukup baik, hanya saja akan lebih baik jika diberikan
1 baterai cadangan. "Kekurangan" ini dibayar dengan charger 1A yang
cukup baik, bahkan saya coba untuk charging handset lain seperti halnya
Samsung Galaxy S dan blackberry Bold 9000 saya semua berjalan smooth
tanpa ada gangguan layar sentuh seperti yang sering saya temui pada
beberapa charger handset merk lokal. Secara keseluruhan, handset ini
cukup baik. Apalagi ditambah layanan purna jual Axioo yang saya tahu
lumayan bagus.
Salah satu hal yang mengganggu saya adalah, seperti halnya star N8000,
ROM yang tersedia untuk penambahan aplikasi "hanya" 503MB, sedangkan
yang 2GB digunakan sebagai internal storage. Kelemahan yang lain adalah
tidak adanya magnetic sensor

Rooting
Begitu saya terima hal pertama yang selalu saya lakukan adalah melakukan
rooting, karena tau bahwa tool rooting seperti SOC dan kawan-kawan tidak
akan membantu saya, maka saya coba untuk push superuser menggunakan ADB
dan berhasil, untuk mempermudah teman-teman sesama pengguna picopad
dalam melakukan rooting, saya sudah buat satu batch script yang bisa
dijalankan di Windows.

Custom Recovery
Custom recovery untuk handheld ini belum tersedia di internet, untuk itu
saya mencoba melakukan porting dari ClockworkMOD untuk StarN8000 buatan
Bruno Mars, untuk melakukan patching recovery bisa menggunakan SP
Flashtool, Caranya gampang-gampang susah, akan saya uraikan secara
terpisah melalui blog dan email ke milis ini. Pada dasarnya, recovery
ini berfungsi dengan baik, masih ada bug di USB mount, fitur untuk
mengubah memori eksternal menjadi usb drive di mode recovery, dan nand
backupnya jika menggunakan kernel bawaan axioo, akan mengalami gagal
backup, untuk mengaktifkan fungsi backup, anda bisa mengganti kernel
bawaan Axioo ini dengan kernel yang sudah saya patch agar fungsi backup
bisa berjalan normal.

ROM Hack
Yang bikin sebel dari handheld ini adalah, adanya memory yang sia-sia
digunakan sebagai Internal SD sebesar 2 GB, jikasaja itu dipakai sebagai
ROM maka akan sangat bermanfaat. Untuk itu saya coba utak-atik dan saya
udah modif script untuk hack Internal storage menjadi 2,5GB. script
tersebut hanya bisa dijalankan di Custom recovery, jadi anda harus
mengubah stock recovery ke custom recovery menggunakan SP Flashtool

Tips untuk mempercantik tampilan Axioo
syarat : rooted
Tool : root explorer
Buat saya, salah satu yang bikin agak kurang sreg adalah tampilan icon
dll di axioo ini guede-gede dan hanya bisa 4 bari horisontal, mau nambah
resolusi jelas tidak bisa, maka yang saya lakukan adalah menambah
density tampilan melalui modifikasi setting di build.prop-nya.
Caranya :
1. Gunakan root explorer, dan masuk ke folder /system, disitu ada file
build.prop, buka dengan opsi open in text editor
2. cari baris konfigurasi di build.prop yang berisi tulisan

                ro.build.characteristics=default
                # end build properties

     Sisipkan tulisan ro.sf.lcd_density=180 hingga berubah jadi

                ro.build.characteristics=default
                ro.sf.lcd_density=180
               # end build properties
     Ubah angka tersebut sesuai selera anda, hanya jangan sampai
melebihi angka 240, karena akan menyebabkan bootloop
3. Restart handheldmu dan perhatikan perubahannya .....

Status Custom ROM : On progress, pagi ini saya mau upload ternyata masih
ada sedikit bug di launchernya. jadi terpaksa saya tunda
Stock ROM : saya berhasil melakukan nand backup dari stock romnya, sudah
saya coba install menggunakan sp flashtool, works perfect, hanya saya
perlu waktu untuk upload karena filenya gede banget

Link tool untuk mod Axioo :
https://www.dropbox.com/sh/y3o8j2pd7camxga/NCSGHkPwLm/Axioo

--
best regards,

Antonius Fran Setiawan
phone/SMS/whatsapp/line : +628112546178/+6288806119157
mail : ja...@frans.web.id
twitter:frandroit
weblog:http://frans.web.id

Promo Combo Android, diskon + cicilan -% BCA!
Persediaan terbatas, klik  http://bit.ly/gaddrotor
E-mail: syaf...@gsmaku.com  Hp: 0881-1515151
E-mail: wi...@eceranshop.com  Hp: 0815-56599888
Web + email + domain .web.id: 75rb / TAHUN - http://www.hostune.com