Coba bantu jawab.
Vpn di Android ada bbrp metode.
Ada yg non root contohnya bisa pake cisco any connect (kalau servernya pake
cisco).
Kalau server nya pake openvpn ada juga openvpn client di Android tapi harus
root karena dia menjalankan perintah ifconfig dan route yg notabene harus
dijalankan dg otorisasi root.
Saya sih pakai dua duanya. Dan efeknya pasti lebih lambat karena jalur
koneksi kita kepotong utk membungkus dan mengenkripsi paket yg dikirim via
Vpn ini.
Saat dapat signal H saya bisa Vpn ke kantor dan me remote server, atau
menggunakan proxy kantor.
Soal aman sih relatif, setidaknya kalau pakai Vpn pake kita dibungkus dan
dienksripsi jadi tdk mudah dibaca.
Selama port yg digunakan utk akses Vpn tdk diblokir oleh isp/operator, maka
kita bisa membypass filter port lain setelah kita ter koneksi ke server
Vpn.
Mudah2an gak salah menjelaskan.
Colek me if I'm wrong.

Tks,