Pak Herry,

Saya mengalami yang kasus yang mirip, tapi ponsel Android bukan merk lokal
tapi merk global.

Coba kita cross-check:
1. Apakah ponsel GSM itu hanya support 2G (900/1800), tidak support 3G?
2. Apakah hanya di lokasi tertentu yang kehilangan sinyal? Coba dilakukan
tempat lain, utamanya tempat berbuka, apakah bisa dapat sinyal full?
3. Apakah kartu yang sama pernah dicoba ke ponsel buatan Tiongkok yang
non-Android?

Perkiraan sementara saya, ada proses authentikasi di Android yang "tidak
sinkron" di BTS 2G, untuk operator tertentu, dan di lokasi tertentu saja.
SIM yang sama saya pindahkan ke ponsel Tiongkok non-Android di lokasi sama,
sinyal langsung full (point 3).
Kembali ke ponsel Android, sinyal kadang hanya setengah bar, bahkan sampai
hilang. Lokasi selalu sama.

Ditunggu updatenya.

Salam,
Deni