Di USA, gue pernah bawa droidX posisi bad esn.. dulu beli bad esn karena
murah jauh, toh gak nyambung kalo di pake di indo.
Nah singkat cerita itu droidX gue nyalain di USA, gak lama masuk SMS sama
warning untuk return mobile phone ini ke FBI haiz..
Kalo di terusin tracking yah pasti dapat position toh. Jadi mendingan di
off aja sambil berdoa VZW kaga iseng wakakakakak

Diatas itu kasusnya mungkin beda, karena bad esn itu marked setelah report
stolen atau bad debt dll. Kalo disini kan lagi ngobrolin handset locked
operator.

Lalu kalo udah bisa inject dgn operator lain, gak masalah asal personal
user kali yah tujuannya.. jangan di perjual belikan atau sharing ke public
dalam forum resmi. Paling gak itu opini gue..

Handphone gue, terserah gue... ada betulnya selama itu jgn di expose atau
atas usaha ndiri. Soal di sharing/jual untuk menjadikan orang lain bisa
melakukan tindakan itu, itu yang bisa di tuntut. Pasal berapa yah kudu
tanya Lawyer ;-)

Untuk handset bundling operator smartfren, imho masih paling fair dgn harga
yang terjangkau.. i.e. MaxU kalo beli di innos Beijing, gue dapat harga
kurs 2.3jt GSM/GSM atau 2.1jt CDMA/GSM CT uncontract. Jadi ada subsidi
operator disini. Dalam harga handset yang di jual di Indonesia.

Jadi kalo emang butuhnya operator lain selain smartfren yah beli yang open
seperti VC atau XC atau VZW/sprint sekalian yang bukan bad esn. Itu lebih
fair.

Untuk TS, Thank you for sharing sekaligus udah hapus. Biarkan milis ini
tetep netral dan on track dalam masalah legal.

Ah, kepanjangan jadinya.. ngetik pake suretype enak sih cuy... #eaaa

--rc
MaxU smartfren JB v4.1.2 - 1.1e
japri: temporary disabled!