Yup, betul oom...

Tapi semestinya penggal kalimatnya jangan sampai situ aja, tapi harusnya
begini

"Mungkin informasinya udah soo yesteryear, tapi saya iseng pengen melakukan
hal yang belum bisa dilakukan sama OS sebelah, yaitu baca file langsung
dari media external *tanpa perlu mengkopinya dulu ke internal storage*."

Karena sepengetahuan saya di IOS itu file yang akan dibaca disimpan dalam
folder document masing masing aplikasi, belum bisa universal storage,
kecuali untuk beberapa file seperti di folder camera roll (CMIIW yaa..).

Contohnya ada file movie di HDD ukuran 10GB dan mau dibuka di ipad.

Ada aplikasi A mau buka, maka file tsb akan dicopy ke folder document
aplikasi A. Ini udah makan space 10GB internal storagenya Ipad.
eh gak berapa lama, kurang cocok pake aplikasi A, kita mau pakai aplikasi
B. Maka file 10GB tadi akan dicopy juga ke folder document aplikasi B. Jadi
ada beberapa file yang sama yang disimpan di beberapa folder document
aplikasi masing masing. Boros space dong ya...

Makanya semenjak itu saya berpikir, connect HDD ke Ipad itu percuma, sama
aja gak bener.. :)

Maaf kalau ternyata pemahaman saya ini salah..

Salam,
Asep