From: Herry SW <mi...@hsw9900.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Mon, 17 Jun 2013 22:16:36
To: <id-android@googlegroups.com>; <id-blackberry-...@yahoogroups.com>;
<indoc...@yahoogroups.com>; <gadtor...@yahoogroups.com>;
gadge...@yahoogroups.com<gadge...@yahoogroups.com>;
<gadgetm...@googlegroups.com>
Subject: [id-android] Cerita ke ICS 2013 Hari Terakhir

Sambil menanti panggilan boarding Garuda yang kian hobi mengulur
waktu, iseng cerita ah.

Kemarin saya berkunjung ke Indonesia Cellular Show (ICS) 2013 lagi.
Suasana hari terakhir jauh lebih ramai dibandingkan saat saya ke sana
pada hari pertama. Namun, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, terasa
ada penurunan yang signifikan. Mudahnya, kalau dulu mau berjalan kaki
pun harus sangat perlahan plus berkali-kali berhenti sejenak, kemarin
kalau mau saya masih bisa berlari-lari kecil di jalanan antarstan.

Apa saja hasil keliling kemarin?

1. Stan Mito.
Kemarin saya tertarik mampir ke sana karena terlihat ada keramaian.
Ternyata ada lelang. Hanya sekitar satu menit di sana, saya berpindah
ke tempat lain.

Pada hari pertama ICS, saya sempat mencoba Mito A355, ponsel Android
quad core yang dibanderol Rp 1,999 juta. Ponsel itu sukses membuktikan
tagline-nya "feel the difference" kepada saya. Kalau ponsel Android
quad core yang pernah saya coba terasa asyik dan menggiurkan, A355
gagal memberikan sensasi mengesankan. Layar terasa kasar, pergerakan
menu juga tak seru. Kalah dengan K-Touch Lotus II yang dijual Rp 1,7
juta dan saya towel-towel beberapa menit sebelumnya.

2. Stan K-Touch.

Pada hari pertama belum tersedia demo unit Titan S100. Mau beli pun
belum ready stock.

Merujuk pada informasi dari rekan milis yang menyatakan S100 sudah
tersedia, kemarin pukul 13.00 saya ke stan ponsel merek China itu. Tak
ada demo unit. Stok yang buat dijual juga telah habis terjual.

Sekitar pukul 18.30 saya ke stan K-Touch lagi. Unit untuk dijual tetap
tak tersedia. Tetapi, ketika saya menanyakan demo unit, seorang SPG
dengan cepat menjawab, "Tunggu sebentar ya, Pak. Saya carikan."

Ia terlihat mencari-cari di bawah meja pajangan. Sekitar satu menit
kemudian ia menunjukkan S100 yang tadi sepertinya sedang di-charge.
Kesan saya setelah towel-towel sekitar dua menit, produk itu kayaknya
menarik untuk coba dibeli. Tingkat respons oke, layar cukup nyaman
dipandang mata, sedangkan bodi biasa-biasa saja. Kameranya kemungkinan
lumayan bagus. Saya coba memfokuskan kamera pada tulisan mungil di
brosur. Eh, beneran autofocus dan bisa fokus.

3. Stan Cuci Gudang Trikomsel.
Saat kali pertama mengunjungi ICS 2013, 12 Juni lalu, saya sebenarnya
sudah bertandang ke stan ini. Saya tertarik membeli ponsel Nokia kuno
yang masih berlayar hitam putih dan dijual hanya Rp 75 ribu. Namun,
sampai berjam-jam kemudian, barang dibilang masih on the way.

Kemarin saya ke stan itu lagi. Ramai banget. Tetapi, saya lihat barang
tersisa yang dibilang cuci gudang pun kurang menarik, terutama dari
sisi harga. Misalnya, Nokia C2-00 dijual Rp 500 ribu dan Xperia X10
mini Rp 900 ribu. Barang paling menarik versi saya yang kemarin
tersedia adalah BlackBerry Playbook 64 GB Rp 1,4 juta. Saya tidak
membelinya karena memang tak berminat.

4. Stan Erafone.
Ceritanya sih mencoba peruntungan. Siapa tahu kuota Acer Liquid E2
dengan harga promo Rp 1,999 juta masih tersedia. Dan... sesuai dugaan
semula, kuota sudah habis sejak pagi.

Eh, ada clearance sale aneka ponsel Android merek LG. LG Optimus P698
yang dual SIM diobral Rp 699 ribu. Menarik nih! Kepada seorang petugas
saya mengungkapkan minat membeli ponsel tersebut. Ia menyatakan barang
masih tersedia. "Silakan antre dari sana, Pak," ujarnya sambil
menunjukkan baris antrean yang begitu mengular. Perhitungan kasar
saya, minimal ada 50 pengantre yang berdiri. Kalau satu orang butuh
waktu tiga menit saja, berarti saya harus menanti 2,5 jam. Malas ah.

5. Stan Global Teleshop.
Lenovo S890 yang pada hari pertama ICS 2013 masih kosong, kemarin saya
lihat sudah tersedia dengan harga normal Rp 2,699 juta. Sedangkan P770
masih melanjutkan status kosongnya. Di salah satu sisi stan dipasang
banner penawaran ponsel Samsung tipe lama. Harga yang tercetak
mayoritas menarik. Namun, ketika saya menyatakan minat membeli ponsel
tersebut, petugas stan justru terkesan saling lempar. Karena niat saya
membeli hanya iseng, saya tinggalkan saja deh.

6. Stan Axioo.
Saya tak menemukan PicoPad 4 pada hari pertama ICS 2013. Kemarin saya
ke stan Axioo lagi untuk melihat dua produk baru yang diluncurkan
sehari sebelumnya: PicoPad 4 dan tablet hybrid RCK.

Begitu memegang PicoPad 4, di dalam hati saya berkata, "Ini ponsel
atau mainan tho? Ringan banget." Bodinya jauh dari kesan mewah.
Layarnya tajam dengan warna yang cenderung ndangdut, Kameranya
sepertinya cukup bagus. Tulisan kecil di kartu nama pun masih bisa
dijepret dengan baik. Entah bagaimana hasilnya saat dilihat di laptop.
Meskipun Axioo termasuk ponsel merek lokal buatan Tiongkok yang masih
lebih saya rekomendasikan daripada Cross, Mito, Imo, dan puluhan merek
lokal lain, umpama PicoPad 4 dibanderol Rp 2,5 juta pun saya tampaknya
belum berani merekomendasikannya. Dengan harga Rp 2,5 juta, bagi saya,
Acer Liquid E2 masih lebih layak beli. PicoPad 4 baru mulai pantas
dilirik kalau harganya dipatok sama dengan, misalnya, Mito A355.

Beralih ke tablet hybrid RCK. Sebelum melihat langsung wujud nyatanya,
saya menyangka RCK itu seperti Acer Iconia W511 plus keyboard docking.
Ternyata, bayangan saya salah total. RCK lebih seperti tablet plus
leather case yang dilengkapi keyboard. Unit tabletnya sendiri cukup
unik. Di bodi belakang ada penyangga lipat yang mudah dibuka tutup.
Sementara itu, keyboard-nya terlihat plastik banget dan terkesan
murahan.

7. Stan Imo
Sejak hari pertama saya penasaran melihat S99. Namun, dengan aneka
alasan yang berbeda-beda di antara para penjaga stan, sampai kemarin
saya tetap gagal mencoba demo unit S99.

8. Stan Oppo
Saya penasaran melihat Oppo Find 5 warna hitam. Ternyata, jauh lebih
keren daripada yang putih ya. Belum berani beli karena harganya saya
nilai masih terlalu tinggi.

Oh ya, kebetulan saya juga dipercaya menjadi juri Indonesia Cellular
Award (ICA) 2013 yang pemenangnya diumumkan kemarin petang saat
seremoni penutupan ICS. Inilah hasil penilaian saya dan dua juri
lainnya:

1. The Best Buy Phone : Lenovo P770
2. The Best CDMA Phone : Smartfren Andromax U
3. The Best Design Phone : Sony Xperia Z
4. The Best Android Phone  : Samsung Galaxy Note II
5. The Best Performance : Sony Xperia Z
6. The Best Tablet PC : Apple new iPad
7. The Best Windows Phone : Nokia Lumia 920
8. The Most Popular Phone : Samsung Galaxy S4 --> khusus kategori ini,
penentuan pemenang berdasarkan hasil polling pembaca di Kompas.com

Terima kasih.

Salam,

Herry SW

INDOSAT SUPER 3G plus