Sekitar seminggu terakhir, di internet ada banyak berita tentang baterai
meledak, iPhone nyetrum, dll. Saya jadi tertarik membuat sebuah tulisan
untuk mengedukasi konsumen.

Nah, karena di sini saya yakin ada banyak rekan yang paham soal
kelistrikan, sedangkan saya sangat awam, mohon saya diberikan pencerahan.
Hal-hal apa saja yang berpotensi membuat baterai meledak?

***

Yang saat ini terbayang di benak saya, pengguna idealnya memakai charger
dan baterai orisinal. Kalau pun bukan orisinal, gunakan yang bermerek
terkemuka. Dengan demikian, baterai dan charger bisa "bercakap-cakap"
dengan baik. Contohnya:

Baterai: Eh, aku sudah terisi penuh nih. Jangan ditambah lagi ya.
*baterai kemudian menutup pintu*

Charger: Oh oke. Aku berhenti mengisi.

Andaikan yang dipakai baterai atau charger berkualitas abal-abal,
"percakapan" itu takkan terjadi. Pengisian terus dilakukan sampai
akhirnya baterai tak mampu lagi menahan beban. Ibaratnya, kayak balon
yang ditiup terus meskipun sudah mengembang besar. Akhirnya... dor!
Meletus deh.

Nah, dalam contoh percakapan "di atas", apakah nama baku komponen di
baterai yang memberikan isyarat kepada charger? Apakah isolator?

Apa pula nama komponen di charger yang bisa "bercakap-cakap" dengan
baterai, lalu memutuskan tidak lagi mengalirkan arus ke baterai?

Terima kasih.

Salam,

Herry SW

--
Tersenyum sendiri saat melihat ada rekan milis
yang bawel banget dan seolah jadi polisi milis.

INDOSAT SUPER 3G plus
http://www.hostune.com