Pada intinya, yang akan kita lakukan adalah proses pengeditan dengan
menghapus beberapa bagian yg "berantakan" di dalam packages.xml.

Kenapa bisa berantakan?

Saya awali dengan "pengakuan dosa" saya dalam menjelajahi dunia Android yg
konon penghuninya adalah robot-robot berwarna hijau dan tuhannya bernama
Google.

Ponsel Android saya dalam keadaan rooted, unlock bootloader, s-off.
Menggunakan custom rom dan custom recovery.

Banyak menambahkan tweak "ini-itu" untuk sekedar melepas "syahwat ngoprek".

Gemar "plesiran" ke Pasar Google dengan harapan dapet gratisan, diskon,
promo, voucher, trial,...etc...etc dan pulang membawa hasil belanjaan yg
segunung.

Ada yg disuka, ada yg tidak. Yang ngak suka dibuang aja, gratis ini. Begitu
pemikiran saya. Pada akhirnya bingung sendiri, kok gudang di rumah penuh
yah.

Sudah dibuang, kok masih ada sampahnya yah?

Silahkan disimpulkan sendiri untuk menjawab kenapa-nya yah Rekan-Rekan.

Yang pasti akibatnya adalah kegagalan pada proses menginstall atau
mengupdate aplikasi tertentu lewat Google Play

Yang harus DIPERHATIKAN disini adalah keluarnya kata-kata seperti yg
dicontohkan sebagai berikut;

"GOOGLE MAPS DOES NOT UPDATE"*

*"INCOMPATIBLE WITH OTHER APPLICATIONS THAT USE THE SAME SHARED USER ID"  *

*
Jika permasalahannya seperti contoh diatas, berarti sama dengan yg saya
alami.

Oleh sebab itu disini saya hanya sekedar berbagi pengalaman saja dengan
Rekan-Rekan.

Tidak bermaksud menggurui. Jika ada kekurangan mohon ditambahkan yah
Suhu-Suhu.

Jika terasa "lebay" monggo untuk dipilih bagian yg perlu/berkenan saja, yg
lainnya harap diabaikan.

Semoga dapat membantu mengatasi permasalahan diatas.

Syaratnya DEVICE HARUS ROOTED dan DWYOR* *(Do With Your Own Risk)

Saya disini mengambil satu contoh saja, misalkan aplikasi yg bermasalah
adalah Google Maps.

(Untuk aplikasi lainnya, langkah-langkah dibawah ini bisa dijadikan
patokan, tentunya dgn melakukan penyesuaian terhadap aplikasinya)

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Backup ROM / Nandroid* * terlebih dahulu menggunakan Custom Recovery
(CWM atau TWRP), untuk berjaga-jaga.

2. Install aplikasi Root Explorer (Wajib) atau sejenisnya dari Google Play
dan Titanium  Backup (Optional).

    Dalam contoh ini saya menggunakan Root Explorer.

3. Buka aplikasi Root Explorer yg sudah diinstall tadi. Set permissionnya
ke posisi R/W. Kemudian Delete aplikasi Maps.apk yg berada di dalam
system/app*.*

4. Delete system@a...@maps.apk@classes.dex dan system@framework
@com.google.android.maps....@classes.dex yg berada di dalam
data/dalvik-cache.

    **** Langkah 3 dan 4 juga dapat ditempuh menggunakan aplikasi Titanium
Backup yang sesungguhnya lebih prakstis ****

5. Cari file bernama "packages.xml" yg berada di dalam data/system/ dan
Copy file packages.xml tersebut ke PC.

   ( Jangan Lupa simpan kopi aslinya untuk backup ) dan gunakan program
Notepad++ atau sejenisnya untuk mengeditnya.

   Mengapa saya menganjurkan proses editing dilakukan di PC, walaupun
sebenarnya memungkinkan untuk langsung diedit di ponsel?

   Percayalah bahwa ..."Mata Anda Lebih Berharga"...

6. Cari dan Temukan keseluruhan baris di bawah ini yg berisikan hal-hal yg
"berbau" Google Maps di dalam packages.xml tersebut,

   untuk kemudian di Delete.

   (Untuk aplikasi lainnya, contoh dibawah ini bisa dijadikan patokan,
tentunya dgn melakukan penyesuaian terhadap aplikasinya)

</perms>

</shared-user>

<shared-user name=”com.google.android.apps.maps” userId=”10035″>

<sigs count=”1″>

<cert index=”3″ />

</sigs>

<perms>

<item name=”android.permission.GET_TASKS” />

<item name=”android.permission.WRITE_EXTERNAL_STORAGE” />

<item name=”android.permission.ACCESS_WIFI_STATE” />

<item name=”android.permission.ACCESS_COARSE_LOCATION” />

<item name=”android.permission.GET_ACCOUNTS” />

<item name=”android.permission.READ_CONTACTS” />

<item name=”android.permission.CALL_PHONE” />

<item name=”android.permission.WRITE_CONTACTS” />

<item name=”com.google.android.googleapps.permission.GOOGLE_AUTH” />

<item name=”android.permission.READ_PHONE_STATE” />

<item name=”android.permission.RECEIVE_BOOT_COMPLETED” />

<item name=”android.permission.ACCESS_FINE_LOCATION” />

<item name=”android.permission.MANAGE_ACCOUNTS” />

<item name=”android.permission.RECORD_AUDIO” />

<item name=”android.permission.ACCESS_NETWORK_STATE” />

<item name=”android.permission.WAKE_LOCK” />

<item name=”android.permission.NFC” />

<item name=”com.android.launcher.permission.INSTALL_SHORTCUT” />

<item name=”android.permission.USE_CREDENTIALS” />

<item name=”com.google.android.apps.maps.permission.C2D_MESSAGE” />

<item name=”com.google.android.c2dm.permission.RECEIVE” />

<item name=”com.google.android.providers.gsf.permission.READ_GSERVICES” />

<item name=”android.permission.DISABLE_KEYGUARD” />

<item name=”com.google.android.googleapps.permission.GOOGLE_AUTH.local” />

<item name=”android.permission.INTERNET” />

<item name=”android.permission.CHANGE_WIFI_STATE” />

<item name=”android.permission.VIBRATE” />

7. Kemudian Save dan Copy packages.xml yg sudah diedit tersebut ke dalam
data/system di ponsel menggunakan Root Explorer.

    Pilih Overwritten saja.

8. Ganti Permission-nya ( Baris dan Kolom Read Write Owner Group dicentang
keempatnya ) dan

    Ganti Ownership-nya ( Owner dan Group pilih yg 1000-system untuk
keduanya )

9. Reboot ponsel dan Masuk ke Custom Recovery untuk Clear Cache dan Dalvik.
Kemudian Restart ponsel kembali.

...Selesai.

Seharusnya sekarang Google Maps sudah dapat diinstall lewat Google Play.

Untuk kedepannya jika ada update Google Maps, semestinya sudah tidak ada
kendala yg berarti.

Semoga bermanfaat.

ps: SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BAGI SEGENAP REKAN ID-ANDROID YANG
MELAKSANAKANNYA.

INDOSAT SUPER 3G plus
http://www.hostune.com