IMHO, ada beberapa sudut pandang di sini yang memang perlu diklarifikasi supaya
hasil penelitiannya valid:

Kalau yang mau dibandingkan adalah Operating System (OS), maka perbandingannya
bisa antara Android vs iOS.

Kalau yang mau dibandingkan adalah manufacturer, maka perbandingannya bisa
antara Samsung vs Apple.

Kalau mau lebih spesifik lagi, bisa juga fokus di smartphone antara Samsung
yang berOS Android vs Apple yang berOS iOS dengan alasan:
- Mayoritas bisnis smartphone Samsung adalah yang berOS Android dan satu2nya OS
yang dipakai oleh Apple smartphone adalah iOS
- Dari total seluruh market share smartphone, Samsung dengan OS Android & Apple
dengan OS iOS menguasai mayoritas pangsa pasar jauh meninggalkan yang selain
mereka berdua.

Best regards,

Rizziandrie Zairul
Sent from mobile device