From: Irfan Marzuki <irfanm...@gmail.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Wed, 13 Nov 2013 15:39:59
To: <id-android@googlegroups.com>
Subject: [id-android] WTShare : Clean up memory.

Info ini mungkin berguna bagi pemegang device yang masih ada partisi pada
Storage nya menjadi 2 bagian yaitu USB storage dan Device Memory. Kalau di
lihat dari aplikasi DiskUsage, di sebut sebagai App Storage dan Storage
Card.

Setelah melakukan instalasi applikasi dan penggunaan sehari2, ada saat
dimana device menjadi mulai lag, terkadang banyak app yang FC. Akhirnya
yang mudah clear cache dan clear dalvik cache via menu recovery. Install
Clean Master, dan aplikasi serupa. Tapi hasilnya hanya sebentar, notif
"insufficient storage available" masih menghantui.

Kadang di lakukan uninstall app yang ga ke pake, tapi ternyata hanya
menambah sedikit saja ruang di app storage. Browsing kesana kemari, baru
kali ini akhirnya dapat solusi yang bagus. Yaitu melakukan dial shortcode
tertentu. Jangan kaget, ketika dial shortcode ini mungkin kita tidak perlu
menekan tombol dial, begitu tanda # di tap, proses untuk menampilkan menu
akan berjalan. Pada android yang sudah mulai parah lag nya, proses muncul
menu shortcode ini akan lambat. Sabar dan tunggu saja menunya muncul.
Bahkan nanti setelah eksekusi akan terjadi lag yang menurut saya sangat
parah sampai saya takut apakah saya salah pilih menu. ternyata 2 menit
kemudian lag itu hilang, thumbnail app di drawer, foto dan history serta
setting sejauh saya periksa tidak ada yang berubah atau hilang.

Penasaran...???
Di dapatkan dari source ini, berikut caranya :
*"A simple way to free up storage space is by deleting all the log files in
the device memory. Just dial *#9900# on your phone and select option 2
“Delete dumpstate/logcat” in the prompted menu. It's not necessary to root
your phone either."*

Silahkan mencoba bagi yang memerlukan. Beruntunglah yang storage
internalnya gede dan unified sehingga mungkin belum perlu melakukan langkah
ini. Sebelumnya saya udah stress, sudah hampir saya deal dg device seken dg
storage gede dan unified, akhirnya setelah mendapat solusi diatas, bisa
menghemat kembali duit nya demi device lain yang mungkin lebih menarik.

Seperti SS di bawah, sebelum melakukan delete dumpstate, system data
mencapay 700mb lebih, akhirnya menjadi 132 mb. lega banget.

*DWYOR kalo terjadi side effect yang tidak di inginkan, karena belum ada
info lebih banyak tentang langkah ini.

Source<http://androidforums.com/samsung-galaxy-s2-international/694382-galaxy-s2-low-space-not-enough-storage-error-solved.html>

*irfanics*