Kalau aku tebak itu adalah akibat penggunaan setting - location access -
wi-fi & mobile network location yang dienable (centang).

Pada ponsel HSW ada aplikasi yang memang membutuhkan akses lokasi.
Pada penggunaan BTS telkomsel dan Wi-fi, ponsel sudah puas mendapatkan data
lokasi dari triangulasi BTS atau informasi Wi-fi. Pada BTS XL, mungkin
informasinya kurang valid atau memuaskan sehingga ponsel tetap membutuhkan
data GPS untuk mendapatkan informasi lokasi.

Coba kalau opsi di atas dimatikan, saya yakin GPS akan tetap nyala/aktif
walau pakai Telkomsel maupun Wi-fi.

salam
-iggy

salam