Pegang 2K/QHD display di smartphone? Jelas belum pernah.
Tapi saya boleh kan menganalisa?

Analisanya simple aja kok. Saya mau (pernah/sering) membandingkan display2
dari flagship model dgn Full HD display.
Supaya perbandingannya fair, saya bandingkan 2 display dgn teknologi layar
yg sama, resolusi yg sama (FHD) tapi dgn pixel density yg berbeda. Abaikan
720p apalagi qHD, karena bedanya dgn Full HD masih bisa dilihat mata.
.
Saya pilih 2 display dgn teknologi yg sama supaya beda warna/saturasi,
gamut dan perbedaan karakter layar (LCD dgn Amoled) dll gak terlalu
signifikan jadi bisa diabaikan. Dan disini kita bicara pixel density
(satuannya ppi) karena korelasinya dgn kemampuan maksimal mata melihat
detail.

Perbandingan pertama. HTC One Max (373 ppi) dgn HTC One (469 ppi). Masing2
pake SLCD3 jadi karakter displaynya bisa dianggap sama.
Dari 2 model tsb, beda pixel densitynya 96 ppi. Tapi apa mata saya bisa
membedakan ketajaman dari 2 model tsb dari jarak pandang normal yg sama,
sekitar 15 - 20 cm (tanpa microscope/loupe/macro photography)?
Jawabannya.... ngga bisa (buat saya). Perlu dicatat, yg saya bandingkan
hanya ketajaman, bukan brightness, color accuracy dll ya.

Perbandingan kedua. Note 3 (386ppi) dgn Galaxy S4 (441ppi). Beda 55 ppi.
Hasilnya....sama juga. Gak bisa bedain ketajamannya kalau dilihat dari
jarak normal dgn cara melihat yg normal.

Jadi andaikan nanti 2K/QHD display mulai dipakai di smartphone dgn layar
5-5.2 inch, pixel densitynya bakal naik ke kisaran 560 - 580 ppi ppi
(tergantung ukuran layar).
Selisihnya dgn smartphone2 full HD tadi jadi sekitar 100 ppi lebih tinggi.

Based on perbandingan diatas, valid dong kalo saya meragukan bisa melihat
perbedaan QHD dgn Full HD (di layar smartphone)?

Salam,
Yoshwar