SGS4 Sprint SPH-L720 saya upgrade ke KitKat 4.4.2 seminggu yang lalu, sampai saat ini baru Sygic yang tidak bisa meng-akses map yang tersimpan di SD card, sedangkan aplikasi lainnya masih bisa.

Solusinya ‎file map saya copy ke internal storage, dan Sygic bisa dijalankan kembali.

Demikian pengalaman saya dengan ‎KitKat 4.4.2 di SGS4 Sprint SPH-L720.

Sent from Q10_10.2.1.1925
From: Budianto Haryanto
Sent: Senin, 24 Februari 2014 21.29
To: id-android@googlegroups.com
Reply To: id-android@googlegroups.com
Subject: [id-android] Wta : upgrade kit Kat sebabkan masalah sd card pada s4 dan note 3?

Saya membaca artikel dibawah ini barusan. Jadi bikin kuatir untuk nanti naikkan s4 saya ke 4.4. Apakah benar berita ini?

Update KitKat Bisa Sebabkan Masalah MicroSD
Monday, 24 February 2014

Beberapa hari yang lalu, Samsung baru saja merilis pembaharuan Android 4.4 KitKat bagi beberapa perangkatnya seperti Galaxy S4 dan Note 3. Bagi Anda yang memiliki salah satu (atau bahkan keduanya) dari perangkat tersebut, kami harap Anda waspada terhadap update KitKat ini. Menurut laman Gotta Be Mobile, pembaharuan ini dapat menyebabkan masalah yang menyerang microSD Anda.

Seperti yang dikutip Gadget+ dari Gotta Be Mobile Senin (24/2/14), lewat akun Google+-nya, seorang developer bernama Tod Liebeck menggarisbawahi masalah-masalah yang akan dihadapi oleh pengguna Samsung Galaxy S4 dan Galaxy Note 3 setelah mereka meng-update perangkatnya ke Android 4.4 KitKat. Dalam sebuah pernyataan, Google berkata kepada para developer bahwa seluruh aplikasi dalam sebuah perangkat tidak diizinkan untuk menyimpan data dalam memori eksternal. Hal ini terbukti dengan keluhan dari beberapa pengguna Galaxy S4 dan Note 3 yang menyatakan bahwa mereka tidak dapat memindahkan data aplikasi tertentu dari memori internal ke kartu microSD lewat file manager setelah meng-update perangkat mereka ke KitKat.

Perangkat-perangkat Samsung memang terkenal dengan penawaran dukungan perluasan ruang penyimpanan menggunakan sebuah microSD. Fasilitas slot microSD yang dapat memperluas media penyimpanan adalah faktor penjualan yang sangat penting bagi Samsung. Sayangnya, Google sebagai penyedia sistem operasi Android yang diadopsi oleh perangkat-perangkat Samsung, kini sangat berorientasi pada penyimpanan internal. Usahanya tersebut kemudian diimplementasikan lewat Android 4.4 KitKat.

Dengan ini, Google kurang lebih ‘melukai’ Samsung yang sangat mengandalkan fasilitas microSD-nya sebagai poin penjualan. Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Apakah Anda salah satu dari pengguna yang menghadapi masalah setelah update ke KitKat? Sampaikan kepada kami di kolom komentar. [CDS]