Rekan-rekan milisser ysh,

Saya mau share cerita temen yg GWallet-nya dibobol, diduga via game yg
didonlod dari GPlay. Saya kopas cerita beliau "as is" berikut ini :

Pengalaman pahit hari ini...

Hari ini akun saya google dibobol maling...
Google wallet dibobol..dalam 3 menit maling beli games seharga
Rp4,5juta...untung ketahuan karena ada sms dari bank..

Aduhhh...

Kartu kredit terpaksa ditutup... tapi kata CSnya nggak bisa bantu batalin
transaksi, cuma bisa nutup...
.
kontak ke google wallet minta ditelepon.. aduh...karena cemas, bahasa
Inggris saya yang belepotan tambah nggak karuan bolak-balik "pardon me.."
excuse me.. I can't hear you... what? I don't understand.. tapi CS google
jempol sabar melayani...

Tapi akhirnya bisa dapat refund dalam 5 hari kerja, tertulis via email

Tapi gila..rupanya si maling juga sedang kerja, saat sedang ngomong dg CS
Google, akun saya dibobol lagi, saya nggak bisa masuk ke google, di log out
dari tempat lain...

untung telepon belum ditutup, jadi sekalian minta tolong CS Google untuk
mengaktifkan ulang akun saya.....dia kontak admin email...dan bisa..

jempol untuk William dari The Google Wallet Team..

akun googlewallet sementara dinonaktifkan... agak trauma...transaksi
online..
Beliau melakukan penelusuran, dan menurut beliau inilah tersangkanya :
Ini yang melakukan unauthorised purchased

Purchased from
Krasnov Games
пер.Оренбургский д.105
Ростов-на-Дону 344000 RU
89289018465

Gamenya Pixel Gun 3D,

kalau di google play ini mestinya free., Dipa yang main game ini..

hati hati saja..kalau punya ini,

ternyata punya record yang jelek, ada di google forum:

I have 2 different charges on my checking account from Krasnov
Google.com/cca: 1 is for $91.69 and the other for $46.34. I also noticed,
when checking my transactions on Google, that there was a third transaction
from this company. I do not understand how these purchases have occurred.
My 5 year old grandson was playing on my tablet and apparently downloaded a
game called Pixlgun by this company which is free and somehow was able to
purchase coins. I do no understand how he was able to download the game in
the first place,since I have always had password protection on my
purchases. Secondly, I had removed my debit card information from Google
Wallet and only used Google Play cards for quite a while now after accruing
unwanted charges on my checking account once before. First of all, how was
it possible for a 5 year old to make a purchase when my account is supposed
to be password protected? Secondly, how was my checking account accessed
when I had removed that information? Thirdly,am I expected to eat up this
withdrawl from my account?

https://productforums.google.com/forum/...
<https://productforums.google.com/forum/#%21topic/wallet/liSlxo_ch88>

==> persis kejadiannya dg apa yang saya alami..

Menurut rekan-2 id-android, bagaimana sebaiknya mengamankan situasi spt itu
?  Bagaimana pula mengantisipasinya ?

Sangat berharap bisa mendapatkan pencerahan dari milis ini. Sebelumnya saya
sampaikan terima kasih kpd rekan2 semua, yg telah berkenan membaca dan
memberi masukan.

Salam hormat
PakPur
(yg ini) dikirim dari laptop