Masalahnya, ketika kita mencoba jujur dan bersih, tetapi lingkungan
tidak mendukung, jadinya susah deh.

Sekadar contoh berdasarkan pengalaman pribadi:
* Saat saya mencoba mengurus perpanjangan KTP sesuai prosedur resmi,
seminggu lebih masih nyantol di kelurahan. Tiga kali bolak-balik ke sana,
ada saja yang dibilang masih kurang atau menanti tanda tangan.

* Akhirnya, saya memutuskan terang-terangan bertanya kepada petugas yang
melayani, "Anda minta berapa tho?" Hasilnya, dengan selembar uang Rp 100
ribu, siang ini berkas dinyatakan lengkap, besok pagi foto di kantor
kecamatan, dan sore sudah jadi.

Jujur, dalam kondisi seperti di atas, lebih baik saya keluar uang Rp 100
ribu dan beres dalam dalam 1 x 24 jam daripada cuma bayar Rp 5 ribu atau
Rp 10 ribu (lupa tepatnya), tetapi seminggu lebih belum beres. Waktu dan
biaya yang harus dikeluarkan untuk bolak-balik ke kantor kelurahan
nilainya melebihi Rp 100 ribu.

Ya, saya sadar kalau hal yang saya lakukan sebenarnya tidak benar. Namun,
kalau kondisinya seperti yang saya ceritakan di atas, terpaksa saya
harus ikutan tidak benar deh.

Terima kasih.

Salam,

Herry SW