Mau share hasil upgrade p780 ke 4.2.2 juga ah.

Banyak perbaikan di sana-sini, which is good. Sayangnya banyak juga yang
penurunan yang saya amati, setidaknya beberapa hal berikut:

   -
*Kamera *
   Seperti yang sudah disinggung rekan2 sebelumnya, kamera jadi nggak bisa
   fokus. Jepret sih cepet, tapi blurry melulu.

   -

*Baterai *Ini yang paling bikin sebel. Performa baterai jadi jauh menurun
   dari sebelumnya. Jangan ditanya berapa kali saya kalibrasi, karena selalu
   saya biarkan baterai sampai ke level di bawah 15% sebelum saya charge,
   aktifkan kalibrasi, dan membiarkannya sampai full 100% dalam kondisi
   emergency mode (hanya aktif untuk telpon dan sms). Sampai sekarang, mungkin
   sudah lebih dari 5 kali.

   Salah satu alasan dulu saya beli P780 adalah karena ketahanan
   baterainya. Dan memang saya alami sendiri, dalam pemakaian normal, bisa
   tahan 2 sampai 3 hari. Buat main Ingress, dari kondisi 100%, bisa tahan
   seharian. Bahkan malamnya masih tersisa sekitar 20%.

   Setelah upgrade, performa baterai menurun drastis. Iseng2 pernah saya
   amati kapasitasnya menurun sekitar 60% dalam 5 jam dengan pemakaian normal.
   Itu artinya sekitar 12% per jam. Dari full ke completely depleted nggak
   nyampe 24 jam. Kemarin malah sempat ngalamain baterai berkurang 50% hanya
   dalam 2 jam keliling main Ingress.

   Konfigurasi apps saya masih sama dengan sebelum upgrade:
   - Gmail dengan 2 akun, sekitar 50 email per hari
   - IMs: Whatsapp (ada 3 grup, 1 yang aktif), telegram (cuma 1 kontak yg
   aktif), hangout (jarang ada chat yg masuk sini)
   - Social media: Twitter, Facebook, Google+, Plurk. Semuanya jarang saya
   akses sejak uprade ke kitkat
   - Pocket: selalu saya cancel kalau auto downloadnya aktif
   - Musik: Shazam, Rdio dan TuneIn. Ini juga jarang dipake sejak upgrade.
   - Game: Ingress. Sejak nyadar ini ngabisin baterai setelah upgrade, saya
   hiatus dulu
   - Launcher: Nova

   -

*YouTube *Beberapa orang di forum Lenovo mengeluhkan streaming YouTube yang
   sering freeze dan nggak sinkron antara audio dan video. Ini juga saya
   alami. Ada rekan yang ngalamin juga?

-

*Ringtone *Ringtone selalu balik ke default tiap kali habis restart

Sebetulnya masih ada beberapa glitch yang saya temukan, tapi yang paling
mencolok ya 4 ini.

Hasil googling, banyak juga yang mengeluhkan proses charging yang makin
lambat dan masalah konektivitas wifi yang menurun, tapi 2 hal ini untungnya
nggak saya alami.

Sampai sekarang hampir tiap hari saya cek system update, berharap ada
update terbaru dari Lenovo untuk mengatasi masalah2 di atas. Sayangnya
belum ada juga.

Jadi kepikiran untuk rollback ke 4.2 aja. Saya lebih bahagia dengan batre
tahan lama ketimbang kosmetik di versi terbaru.

#curcolkepanjangan

--
Gum