Ini dikotomi impor lokal dilihat dri mananya ya? Brandnya? Produksinya? Proses
packaging? Ato apa ya?

Ane pernah nguli di sf 2 thn lalu. Setahu ane dri dulu sampe skrg, sf impor
utuh dri tiongkok (analoginya cbu). Menurut ane mah ini impor sama kayak bolt
powerphone.

Brand lokal produksi lokal setahu ane baru polytron (merk lain ane nggak tahu)

Oppo jelas brand & produksi tiongkok (walopun ngakunya brand amrik). Xiaomi sm
dg oppo. Iphone brand amrik produksi tiongkok. Samsung brand korsel produksi
vietnam. Bgitu pula lg sony dll.