Dear Ibu Sartika,

Good idea and good spirit, bu. Sebelumnya mohon maaf kalau disini bukan
tempat bertanya yang baik. Saya punya pertanyaan, kurang lebih sbb :

Project tagline : Cegah Miskin Tetap Miskin
Project name : Ami - bringing microinsurance for all Indonesian
Medium : Smartphone app

Asumsi saya :
Target market : All Indonesian, *terutama* warga negara miskin + warga
negara di ambang batas kemiskinan, yang tidak memiliki proteksi kesehatan
dan atau tidak memiliki buffer dana untuk biaya-biaya tak terduga terkait
kesehatan.
Mohon koreksi atas asumsi saya, CMIIW.

Contrasting points :
Penetrasi smartphone @ 2014 diproyeksikan 1/4 dari total populasi Indonesia

​
Probabilitas pemilik smartphone adalah warga kelas menengah dan menengah ke
atas, cukup tinggi.
Peluang warga miskin / di ambang batas kemiskinan memiliki smartphone dan
melek internet, cukup rendah.

Dari poin-poin di atas, tim Ibu mengusulkan mobile app yang berfungsi
sebagai hub antara perusahaan / institusi pengasuransi, dengan warga
penerima asuransi. Mobile app tersebut bisa dipegang, dioperasikan oleh
agent dari microinsurance. Alias end user tidak perlu memiliki app
tersebut, dan tidak harus memiliki smartphone.

Critical points yang ingin saya tanyakan :
- Apakah bentuk bisnis asuransi ini viable, dalam arti comply dengan
peraturan di Indonesia? (misal, PBI / Peraturan Bank Indonesia, maupun
peraturan serupa yang sudah dan akan dikeluarkan OJK)
- Bagaimana menutup / memitigasi risiko operasional yang besar melekat pada
para agent microinsurance? Besar kemungkinan customer dirugikan jika mereka
tidak benar-benar melek produk dan memegang kontrol atas microinsurance ini.

Terima kasih bu, dukungan saya untuk tim ini.
Regards,
Mario