Alasan tepatnya saya tak tahu. Namun, biasanya memang lewat Jakarta dulu.

Contoh:
* Kirim Surabaya-Semarang tidak langsung naik pesawat dari Surabaya ke
Semarang, melainkan Surabaya-Jakarta lalu Jakarta-Semarang.

* Hal serupa berlaku untuk Surabaya-Jogja, Surabaya-Balikpapan, dll.
Padahal, antara Surabaya dan kota tujuan akhir sebenarnya ada
penerbangan langsung.

Salam,

Herry SW