Hybrid apps? Maaf mas yang lambat apanya ya? Sisi front-end ato emang emang
data request (back-end) yang lambat?
karena saya fine2 aja tuh ko arsitekturnya client-server (data via
webservice). Tapi klo akses DB via local macem sqlite
blom pernah coba sih kalo pake cordova.

Karena dasarnya saya .Net developer klo visual studio saya pake plugin ini.
Asik banget.
http://blogs.msdn.com/b/visualstudio/archive/2014/08/04/apache-cordova-tooling-update-with-support-for-windows-7.aspx

Plus dibagian web designnya buat hybrid apps, coba pake editor ini.
http://brackets.io/

Klo di native, eclipse itu udah lebih dari cukup.bwat saya. Klo android
studio males lagi adaptasi sama IDE-nya :D