Ehm... taraa

saya mau komentar tulisan ini,

*Selain itu, Dicky juga menyebut bahwa tindakan unlock modem Bolt itu juga
termasuk ke dalam tindakan kriminal.*

*"Itu bisa dikategorikan sebagai kriminal, karena firmware yang ada di
dalam modem itu dilindungi hak karya cipta," katanya.*

saya gagal paham.... firmware didalamnya merupakan hak karya cipta vendor
ZTE/huwaei/bolt? setahu saya firmware modem bolt merupakan OS linux yang
mirip android (freeware dgn GNU/GPL) dimana dengan mudah kita membaca isi
firmware tersebut dengan perintah command ADB. ada satu file (script) yang
memang disisipkan di file bin supaya modem dgn OS linux tersebut tidak mau
membaca kartu lain.

Unlocknya kan cuma delete 1 file itu aja ya, hehehe.... ya menurut saya sah
sah aja oprek2 modem milik sendiri, sah juga jual jasa delete script lock /
jasa oprek modem bolt, lah itu modem boleh beli sendiri, kecuali klo
dikasih gratisan sm operator telco ybs.

Kata om Armad, di USA unlock sudah dihalalkan, mmg aneh disini malah
diharamkan. Karena takut rugi? modemnya dibeli tapi kartu boltnya dibuang?

argumen tolol firmware dilindungi hak cipta dapat dipatahkan di Pengadilan,
kecuali kalo hakim dan aparat tugasnya utk membela yang bayar, mau gak mau
kita mengalah.

Imho ya, hanya pendapat saya.

> Bayar-nya dobel ?
>
> Speedy (bulanan) + wifi.id (5rb/hari) ?
>
> @otongwicak - jogja

Jasa unlock HTC One/Samsung S4/BB10/iphone/icloud removal, ping me!
08170002442
pin: 330824CA