Share sedikit pengalaman servis motor saya, saya pernah bongkar mesin
(sesuai saran teman yg rada pengalaman di mesin motor agar membersihkan
blok mesin dll setiap 20-30 ribu kilometer) di bengkel... Orang bengkel nya
sempat takjub karena mesin motor saya (di dlm blok, leher angsa dll) bersih
sekali tidak ada kerak pembakaran, padahal umur motor saya sudah lebih dari
5 tahun. Dia langsung menebak kalau saya dari awal beli pakai bensin
pertamax, shell dan sejenis lainnya.

Syukurlah ternyata bensin jenis ini memang berpengaruh positif di jangka
panjang.

Memang dari awal saya jadi terbiasa isi bensin diatas premium, dgn
pertimbangan bukan karena pengen kebut2an atau gaya2an tapi karena...
mengisi bensin premium di pom bensin ngantrinya itu lho, panjang benerrrrr
kayak antri beras

Salam,
Hadi G.

“Never wrestle with pigs. You both get dirty and the pig likes it.”