Pak M. Kurniawan,

Ada beragam alasan:

1. Mengacu kepada pengalaman pribadi, saat membawa ponsel ke service
center, praktiknya saya seringkali tetap dilayani tanpa menunjukkan nota.
Bahkan, kadang tanpa membawa kartu garansi pun tetap dilayani. Salah
satu jurus yang boleh dicoba, mengaku kartu garansi dan nota ada di luar
kota. Kalau tetap ngeyel minta nota, ya tinggal saya buatkan nota
sendiri. :)

2. Ini sebenarnya agak rahasia. Saat membeli ponsel, kadang saya dapat
harga kulakan. Bahkan, sesekali dapat harga jual rugi. Nah, harga yang
saya dapatkan itu tak boleh ketahuan orang lain karena bisa membuat
pemilik toko kena sanksi.

Sebagai kompensasi, sesekali secara informal saya diminta "memberikan
pelatihan singkat" kepada penjaga toko mengenai produk tersebut. Biar
mereka tahu kelebihannya, trus bisa nge-push konsumen sehingga
ujung-ujungnya angka penjualan produk tersebut cukup bagus.

Terima kasih.

Salam,

Herry SW