nih linknya

http://tekno.kompas.com/read/2015/04/13/17514527/Jokowi.Promosikan.Ponsel.Lokal.Seharga.Rp.1.5.Juta

*TANGERANG, KOMPAS.com* — Presiden Joko Widodo tiba-tiba saja mengeluarkan
sebuah ponsel layar sentuh berwarna hitam saat wartawan melakukan sesi
wawancara dengannya.

Saat itu, Jokowi baru saja selesai berkeliling melihat pameran teknologi
dan inovasi di Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Senin (13/4/2015).

"Yang penting ini nih. Saya ketemu HP produk dalam negeri, dari Batam,"
ujar Jokowi sambil menyodorkan ponsel yang masih tersegel itu ke hadapan
media. Jokowi pun kemudian menekan layar ponsel itu sehingga akhirnya
menunjukkan tampilan awal antarmuka.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lalu menjabarkan keunggulan ponsel bermerek
Bolt tersebut. "Ini harganya murah Rp 1,5 juta. Mereknya Bolt. Ayo *cepet* kamu
beli sana," seloroh Jokowi.

Melihat gaya Jokowi yang sengaja mempromosikan merek tertentu itu, mantan
Presiden RI, BJ Habibie, tak tahan juga untuk menimpali. "Garansi *loh*,
tiga tahun," canda Habibie sambil tertawa. Tawa pun mengalir dari wartawan
karena celetukan Habibie itu, tak terkecuali Jokowi.

Jokowi menuturkan, imbauannya untuk menggunakan ponsel Bolt tidak perlu
berarti menyebutnya dengan produk ponsel nasional. "Enggak usah ponsel
nasional, asal kamu beli *aja*, *udah*," ucap Jokowi.

Meski bersemangat mengajak semua orang memakai ponsel Bolt itu, Jokowi
rupanya kebingungan juga saat ditanya soal fitur unggulan yang dimiliki
ponsel itu.

Dia hanya menjawab singkat bahwa produk itu buatan anak negeri. "Itu saja
kan sudah hebat. Kenapa kamu *nggak* pakai, *hayo*?" sahut Jokowi.

Jokowi mengaku mendukung pengembangan teknologi di dalam negeri. Dia
berharap, akan ada produk elektronik lain yang diciptakan industri dalam
negeri. Pemerintah, sebut dia, akan memberikan insentif berupa penambahan
dana riset.