Jadi inget dulu ada pertanyaan dari seseorang : lebih baik mana antara merk
lokal dengan produk lokal dengan merk global.

Ternyata jawaban beliau adalah lebih baik produk dengan merk lokal.
Mengapa? Karena dengan kita pegang merk, maka segala aktifitas manufaktur
nya bisa kita kontrol. Misalkan ada produk sepatu merk global tapi
didirikan di Indonesia, dan suatu saat mau pindah ke negara lain. Tetep sah
kan? Karena merknya tidak kita pegang sebagai merk lokal. Beda ketika kita
punya merk. Maka dimanapun itu pasar dan manufaktur bisa kita kontrol
sedemikian rupa. CMIIW.