saya juga gak paham kenapa LTE disebut berasal dari GSM :) mungkin karena
yang membuat standard LTE sama dengan yang membuat standard GSM ..

 implementasi LTE menuntut perubahan di semua lini operator, tidak seperti
evolusi dari 2G ke 3G dimana di sisi access network berubah tapi di sisi
core network tidak berubah..