http://m.detik.com/inet/read/2015/06/23/190057/2950325/328/4g-tahap-kedua-mulai-komersial-6-juli-2015

Nanti tanggal 6 Juli kita resmikan serentak untuk 4G di 1.800 MHz," kata
menteri yang akrab disapa Chief RA itu di sela rapat kerja dengan Komisi I
di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Layanan 4G ini ternyata tak hanya digelar serentak oleh Telkomsel, Indosat,
dan XL Axiata di 1.800 MHz, tapi juga oleh Smartfren Telecom di spektrum
850 MHz.

"Saya kurang ingat detailnya. Tapi seingat saya, Smartfren di Batam, XL di
Bali, dan lainnya di Makassar. Nanti saya di Makassar akan video conference
dengan para dirjen yang ikut ke Bali dan Batam," pungkasnya.

Hingga saat ini, pita frekuensi 1.800 MHz masih belum rampung ditata ulang
oleh para operator. Namun menteri ingin spektrum ini bisa cepat-cepat
dioptimalkan untuk pengguna di Indonesia.

Itu sebabnya, ketiga kota ini didahulukan sebagai penanda saja bahwa 4G
tahap kedua sudah langsung jalan sembari menyelesaikan penataan yang
ditargetkan rampung akhir November 2015.

"Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya. Terhitung sejak awal 2016,
semua kota besar di Indonesia sudah bisa menikmati layanan 4G LTE," pungkas
menteri.