Ijin share tulisan kembali, kali ini review speaker bluetooth dengan cerita
di balik pembeliannya, sekaligus menjajal e-commerce MatahariMall.com
setelah grand launching.

Diambil dari:
http://www.gontagantihape.com/2015/09/review-logitech-x50-speaker-bluetooth-matahari-mall-com.html

Silakan kunjungi blog tersebut apabila ada gambar atau video yang tidak
dapat muncul di e-mail :)

Review Logitech X50, Speaker Bluetooth Hasil Menjajal Kembali
MatahariMall.com
<http://2.bp.blogspot.com/-XwivLhWT1cw/VfpX08fGV_I/AAAAAAAAB5o/r0fI5rgZMZY/s1600/logitech_x50_speaker_03.jpg>

Sebetulnya banyak sekali e-commerce Indonesia yang masih jadi PR buat saya
coba dan tuliskan pengalamannya. Tapi promosi gencar di televisi yang mulai
digalakan, pun billboard di jalanan pulang dekat kantor saya di Bandung
yang terlalu eye-catching membuat saya yang masih penasaran dengan
transaksi terakhir saya diMatahariMall.com
<http://www.mataharimall.com/> memutuskan
mencoba peruntungan berbelanja di sana lagi. Lagi-lagi bermodal voucher
diskon seratus ribu rupiah, saya berkelana mencari produk seharga tiga
ratus ribu rupiah. Ya, memang minimum transaksi supaya vouchernya dapat
digunakan memang tiga ratus ribu rupiah saja. Dan ya, memang masalah modal
belakangan ini menjadi hal yang cukup krusial bagi saya dalam menentukan
gadget apa yang harus dicoba selanjutnya, he.. he..

Hihaa, ada juga gadget yang harganya pas tiga ratus ribu rupiah. Bahkan di
sana tertulis harga aslinya sebelum promo diskon adalah Rp 492.000,-
(semoga bukan harga mark-up ya). Kali ini saya benar-benar perhatikan nama
seller atau merchant yang menjual produk ini, CXShop namanya. Ingatan saya
terasa klik dengan nama ini, rasanya sering melihat nama seller ini di
marketplace lain yang sudah beroperasi lebih dulu. Begitu saya tuliskan
nama Gista Putri di surat numpang nikah seller di laman pencarian Google,
sederet marketplace ternama Indonesia muncul di halaman pertama. Nampaknya
CXShop memang sudah malang melintang di ranah bisnis online tanah air.

Harga cocok, seller pun punya nama, artinya transaksi wajib dilanjutkan ke
pelaminankali ini. Gadgetnya merupakan salah satu jajaran produk Logitech,
sebuah merk yang tak asing bukan? Tapi Anda salah besar jika mengira gadget
yang saya beli adalah tetikus alias mouse. Meskipun nama ini besar karena
lini produk mouse dan keyboardnya, namun gadget yang saya masukkan ke dalam
keranjang belanja kali ini adalah sebuah speaker bluetooth.

Logitech X50 Wireless Mobile Speaker nama lengkap sesuai akte kelahiran dari
produk ini. Didesain untuk mereka yang aktif mendengarkan audio di berbagai
keadaan, nampaknya segmen pasar yang disasar adalah konsumen berusia muda.
Terlihat dari banyaknya pilihan warna yang disediakan, antara lain: Hitam,
Kuning kombinasi Abu, Biru Muda kombinasi Biru Tua, Jingga kombinasi Ungu,
dan yang terakhir adalah warna yang saya pilih nih, Hijau kombinasi Biru.
Sejujurnya jika masih bisa memilih antara Gista Putri atau Chelsea Islan warna
lagi, saya nampaknya akan memilih Biru Muda kombinasi Biru Tua saja. Begitu
datang di tangan, warna Hijau kombinasi Biru yang saya beli agak berbeda
dengan foto promosi produk. Pun umur tak dapat berbohong, sudah bukan
masanya saya membawa-bawa gadget berwarna hore dalam slingbag saya yang
memang dikhususkan sebagai gadget carrier.

Haha ya sudah, lanjut ke cerita di balik transaksi pembelian speaker
Logitech X50 ini dulu saja ya.

Bayar Pakai Form untuk Kartu KreditSetelah grand launching dilakukan,
nampaknya MatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/> belum juga
menambah metode pembayaran yang disediakan. Besar kemungkinan marketplace
yang satu ini akan memfokuskan pada pembayaran di tempat atau ambil di
outlet Matahari store. Ini artinya MatahariMall.com
<http://www.mataharimall.com/> berusaha mengakuisisi pelanggan yang masih
menggunakan cash dalam berbelanja. Beberapa bulan lalu di kantor saya
kedatangan orang Inggris, dari PayPoint, yang berencana melakukan ekspansi
bisnis ke Indonesia setelah sebelumnya sukses berekspansi di Romania.
Rupa-rupanya sistem pembayaran cash masih menjadi pilihan kebanyakan orang,
PayPoint menjalankan bisnisnya dengan membuka banyak titik pembayaran cash
untuk para pelanggan dapat membayar tagihan-tagihannya, semacam PPOB kalau
di Indonesia tapi punya mesin dan jaringan sendiri. Nah, apakah memang
MatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/> mau fokus menggarap para
pembayar tunai ini? Tapi kalau melihat sudah banyak logo metode pembayaran
terpampang di website mereka sih nampaknya tinggal tunggu waktu saja sampai
cara membayar secara online di marketplace ini menjadi lengkap.

Saya sendiri sebetulnya tidak punya yang namanya kartu kredit, sorry ini
masalah prinsip. Prinsip apa? Prinsip ga mau dikejar-kejar debt collector
sih yang pasti, haha. Nah, meskipun saya tidak memiliki kartu kredit, saya
coba bayar pakai form pembayaran kartu kredit, soalnya kartu debit Mandiri
saya bisa digunakan di Sepulsa.com untuk beli pulsa dengn cara mengisi form
kartu kredit, jadi siapa tahu diMatahariMall.com
<http://www.mataharimall.com/> juga berlaku sama. Dan... Bisa! Rezeki anak
soleh apa rezekinya siMatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/> ya,
soalnya transaksi sukses dan dana pun mengalir ke rekeningMatahariMall.com
<http://www.mataharimall.com/> pastinya. Saat sudah terbayar, tertulis
bahwa pesanan saya dibayar menggunakan kartu kredit Veritrans. Bagi yang
tidak tahu Veritrans, mereka itu adalah payment gateway mitra resmi Bank
Mandiri, selain Doku dan Infinitium. Apakah itu payment gateway? Bagi yang
mau tahu seputar dunia bayar membayar secara online, dapat mengunjungi blog
keren yang satu ini nih: ketagihanbayar.wordpress.com yang merupakan teaser
blog dari salah satu startup e-commerce yang akan segera merilis layanan
mereka di sini: PayBill Indonesia.

Pesanan Tak Kunjung Berubah Status dalam 2 HariSaya memang tak pernah bisa
sabar lama-lama menunggu pesanan saya dari hasil berbelanja online. Hari
kedua setelah pemesanan, status pesanan saya masih saja pending shipment.
Saya kurang tahu sih maksudnya pending shipment itu apakah tinggal menunggu
seller kirim barang, atau seller sebetulnya belum memproses pesanan saya
sama sekali. Hmm, penyakit lama MatahariMall.com
<http://www.mataharimall.com/> masih saja nih, pesanan pertama saya dulu
yang berhasil pun demikian adanya, lama sekali statusnya berubah. Nampaknya
trik saya harus kembali dijalankan nih.

Menghubungi Seller via Tokopedia <http://www.tokopedia.com/>Ya, trik saya
adalah menghubungi seller-nya langsung. Belum lama ini Tokopedia
<http://www.tokopedia.com/> mulai menyediakan fitur inbox untuk berkirim
pesan antar penjual dan pembeli. Klop deh, CXShop sebagai seller dari
pesanan saya nampaknya cukup aktif di Tokopedia <http://www.tokopedia.com/>,
terlihat datanya yang terakhir login pada hari yang sama. Saya kirim saja
deh pesan seperti ini:

Kurang dari sejam, CXShop sudah merespon pesan saya. Terbukti kan analisa
saya? Seller-seller masih jarang megecek pesanan terhadap lapak mereka di
MatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/>, buktinya di Tokopedia
<http://www.tokopedia.com/> seller yang sama merespon dengan cepat. Ataukah
MatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/> tidak mem-push kepada
seller berupa notifikasi ketika ada pesanan? Hmmm, masa saya harus daftar
jadi seller sih? Rasanya sudah cukup pengalaman saya jadi seller di Elevenia
<http://www.elevenia.com/>. Nah khusus pengalaman saya jadi seller di
Elevenia <http://www.elevenia.com/> ini, nanti akan saya bahas pada tulisan
lain ya.

Barang Dikirim Sabtu oleh JNE ke KantorJumat siang pesan saya direspon oleh
seller, Sabtu siang saya dapat telepon dari nomor yang disembunyikan alias
unknown number. Rupanya kurir JNE yang menelepon mengatakan dia sudah
berada di kantor untuk mengantarkan paket sepatu (ya, dia bilang sepatu,
haha!). Karena kantor tutup, saya pun meminta kurir tersebut mengantarkan
kembali di hari Senin saja. Aneh juga ya, kurir JNE pakai unknown number,
apa dia takut saya hubungi terus jika suatu saat paket saya tak kunjung
datang? Ha.. ha.. ha..

UnboxingAkhirnya pesanan tiba juga di tangan, pantas saja kurir JNE mengira
ini berisi sepatu, lha dusnya gede banget. Saya baru ingat, pembelian
Logitech X50 itu berhadiah tumbler alias botol minum. Lumayan juga dari
harga yang konon katanya Rp 492.000, diskon jadi Rp 300.000, dipotong lagi
voucher diskon jadi Rp 200.000 saja, masih ditambah hadiah tumbler dan
tidak dikenakan ongkos kirim.

<http://2.bp.blogspot.com/-KmPOIQORBvo/VfpX1jSWbbI/AAAAAAAAB6I/c8mEReqY-38/s1600/logitech_x50_speaker_07.jpg>
<http://3.bp.blogspot.com/-Pekx-ceiriY/VfpX15vQnAI/AAAAAAAAB6M/H9Uq21gYEW8/s1600/logitech_x50_speaker_08.jpg>

<http://1.bp.blogspot.com/-xiPCjiUEC14/VfpX0MvMIII/AAAAAAAAB5g/byExccJufK0/s1600/logitech_x50_speaker_02.jpg>Speaker
Logitech X50 - Kemasan dan Bonus

Langsung saja saya buka paketnya, di dalam kemasan hanya terdapat unit
speaker, kabel charging pendek, dan buku manual. Sayang sekali tidak
disertakan kabel AUX male-to-male, sehingga jika ingin menyambungkan
peranti Anda ke speaker ini tanpa koneksi bluetooth, Anda akan perlu
membeli kabel audio tambahan.

DesainDesainnya sangat catchy, terutama karena warna yang saya pilih cukup
mencolok. Jika diperhatikan pada penampang depan speaker, sebetulnya ukuran
driver-nya tidak sebesar body speaker keseluruhan. Pada bagian belakang
speaker tidak terdapat apa-apa selain tulisan merk Logitech. Oya, saya baru
tau lho kalo Logitech itu merk dari negara Swiss, meskipun hampir pasti sih
produk elektronik seperti ini dibuat di Tiongkok.

<http://1.bp.blogspot.com/-PC9Efnphj_0/VfpX1TNlU3I/AAAAAAAAB58/Yhg4i5RWVlw/s1600/logitech_x50_speaker_05.jpg>Speaker
Logitech X50 - Tampak Depan
<http://4.bp.blogspot.com/-0qORkqqQfGE/VfpX1Ic-1DI/AAAAAAAAB50/Wna3UXsPpjw/s1600/logitech_x50_speaker_04.jpg>Speaker
Logitech X50 - Tampak Belakang
<http://3.bp.blogspot.com/-3I0768C4mr4/VfpX0KRCsBI/AAAAAAAAB5c/AjLAbOVEmr0/s1600/logitech_x50_speaker_00.jpg>Speaker
Logitech X50 - Tampak Samping, Tiga Buah Tombol
<http://4.bp.blogspot.com/-eFB3zrO3Pkc/VfpX1pBvcfI/AAAAAAAAB6A/CukwapSTzjU/s1600/logitech_x50_speaker_06.jpg>Speaker
Logitech X50 - Tampak Samping, Dua Buah Port
Pada bagian samping speaker Logitech X50, yaitu di sekeliling body-nya,
terdapat tiga buah tombol: volume down, power, dan volume down. Kemudian
kita bisa menemukan dua buah port, yang pertama port audio jack 3.5 mm, dan
yang kedua port micro USB yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengisian
daya. Pada buku manual, diklaim bahwa sekali pengisian daya penuh maka
speaker dapat digunakan selama 5 jam. Sampai saat tulisan ini dibuat, saya
belum sempat mengujinya selama itu sih, he.. he..

Secara keseluruhan, desainnya cantik dan handy, di mana ada bagian yang
dapat digunakan untuk menggantung speaker Logitech X50 ini apabila
diperlukan.

Pairing
<http://3.bp.blogspot.com/-tRRjdnsPupQ/VfpX2RYgxLI/AAAAAAAAB6Q/5_WL511Sv6A/s1600/logitech_x50_speaker_09.jpg>Speaker
Logitech X50 - Posisi Lampu Notifikasi
Proses pairing cukup mudah. Tekan tombol power sekali untuk menyalakan
speaker, akan terdengar nada penanda speaker telah dapat dioperasikan, dan
sebuah lampu notifikasi pun menyala pada bagian depan penampang speaker.
Untuk masuk ke mode pairing, tekan dan tahan tombol power hingga terdengar
nada lain yang berbeda dari nada saat speaker dinyalakan. Lampu notifikasi
akan berkedip-kedip selama mode pairing berlangsung. Dari perangkat
smartphone atau PC Anda, tinggal nyalakan koneksi bluetooth, pindai, dan
tambahkan perangkat Logitech X50 ini. Setelah proses pairing berhasil,
suara akan otomatis disambungkan menuju speaker Logitech X50 ini. Saat ini
saya sudah mencoba melakukan pairing dengan smartphone Meizu M2 Note saya,
dan sukses!

Kualitas suaraKualitas suara menurut saya lumayan baik, masih di atas
kualitas speaker Divoom yang dulu saya miliki. Ada baiknya dicek sendiri
pada video berikut ini deh.

Overall, kali ini saya puas dengan pembelanjaan yang saya lakukan
MatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/>. Dapat barang bagus dengan
diskon, meskipun harus kontak sellernya di tempat lain (Tokopedia
<http://www.tokopedia.com/>). Nah, jadi triknya kalau Anda mau berbelanja
di MatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/>, pastikan seller-nya
bisa Anda kontak langsung untuk mempercepat proses pesanan Anda, karena
sampai saat ini saya belum menemukan fitur untuk bertanya atau mengontak
seller diMatahariMall.com <http://www.mataharimall.com/>. Dan selalu,
belanjalah secara bijak, perhatikan faktor keamanan dan kepercayaan, jangan
selalu tergiur oleh diskon yang belum tentu benar adanya yah. Ciao (gaya
euy udah pake ciao sekarang mah, he.. he..)

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com/> */

Beli paket data Internet Indosat cuma nge-tweet.
Daftar #TWITBUY di www.indosat.com/twitbuy
Ikuti obrolannya di Forum ICITY  >> http://bit.ly/1UxYCDA