Menurut saya sih gojek, uber, grabcar/bike, airbnb, play store,
itunes/apple app store, semuanya sejenis: makelar layanan.

Yang membuat gojek, uber, dan grabcar/bike agak beda (dan sebenarnya saya
juga keberatan) adalah pricingnya mereka yang menentukan. Beda dengan
layanan seperti airbnb, play store, dan itunes/apple app store, penyedia
layanan bisa menetapkan sendiri harganya.

Mengenai hal-hal tetek bengek terkait kekhasan layanan, saya pikir sudah
mereka selesaikan ya. Contohnya gojek sudah menjalin hubungan dengan
perusahaan asuransi untuk order gojek yang mereka makelarin.

Fathi