Salam,
Kemarin saya mencoba update firmware Galaxy Tab 2 P5100. Fimware saya
peroleh dari hasil googling beberapa hari sebelumnya dan lupa link tepatnya
dari mana, yang jelas ukurannya lebih dari 1GB. Setelah berhasil install
via Odin sesuai petunjuknya, saya kok jadi sangat ragu dengan keaslian
firmware tersebut.

Kecurigaan saya karena munculnya semacam "pop up promo" saat awal settting.
Begitu selesai setting2, sudah ada 3 notifikasi aneh2, salah satu
aplikasinya bernama game_0248 dan bisa saya delete. Yang lebih mengagetkan,
saat di cek aplikasi terinstall, ada 1 aplikasi yang tidak bisa saya delete
yaitu porn-x.

Saya curiga hal tersebut terjadi karena saya download firmware dari sumber
sembarangan. Meski Samsung terkenal banyak bloatwarenya, saya kira sangat
tidak mungkin jika disusupi aplikasi2 yang tidak pantas. Saya berusaha cari
dan hasilnya tertuju ke sammobile.com. Sudah berusaha download firmware
P5100 untuk region Indonesia, sayangnya selalu gagal dengan keterangan
error "Bad Gateway".

Adakah rekomendasi link tempat download firmware resmi Samsung yang lain?
Terima kasih sebelumnya.