Oh, ZTE H500 ya. Dulu ada saudara kembarnya. Barang persis sama, cuma
beda merek. Namun, saya lupa merek dan tipenya.

Ini review saya tentang ZTE H500.

=======

Dual On GSM-CDMA Termurah

Ponsel GSM sekaligus CDMA yang dapat siaga bersamaan bukanlah hal baru.
Mulai semester kedua tahun lalu beredar beragam merek dan tipe ponsel
dual mode dual online seperti itu. Yang bermerek terkenal dan bergaransi
resmi sampai saat ini harganya masih lebih dari Rp 4 juta. Sedangkan
yang bermerek tak populer dan bergaransi, biasanya garansi distributor,
kebanyakan bermain di kisaran Rp 2 juta.

Artinya, sebenarnya masih ada ceruk pasar yang belum disentuh oleh
distributor ponsel GSM-CDMA aktif bareng. Yakni, segmen pasar ponsel
dual mode dual online dengan harga kurang dari Rp 1,5 juta. Segmen
itulah yang digarap oleh distributor ponsel ZTE H500. Ponsel ini dapat
bekerja di jaringan GSM 900/1800 dan CDMA 800 MHz.

Kali pertama beredar H500 dibandrol Rp 1,48 juta. Saat ini kebanyakan
gerai penjual ponsel memasarkannya di rentang harga Rp 1,4-1,425 juta.
Paket penjualan ponsel bergaransi 12 bulan ini termasuk dua buah baterai.

Bila hanya melihat brosur atau posternya sepintas, calon konsumen
mungkin akan mengira ponsel ini berbentuk sliding alias geser. Padahal,
H500 sebenarnya berwujud candy bar alias batangan. Peralihan dari warna
perak ke hitamlah yang di media promosi cetak H500 sempat mencuatkan
kesan bahwa ia merupakan ponsel geser.

Layar H500 mampu menampilkan hingga 65 ribu warna. Tak ada penjelasan
lebih detail tentang jenis LCD yang digunakan. Dengan memperhatikan
tampilan ikon dan huruf di layar, tampaknya ponsel ini memanfaatkan LCD
CSTN.

Di bawah layar terdapat tombol navigasi yang bentuknya mengingatkan
pengguna pada ponsel Sony Ericsson K618i. Di bawahnya lagi ada keypad
berstruktur sama dengan kebanyakan ponsel. Lampu berwarna biru akan
menyala bila keypad ditekan.

Ketika siaga, di bagian kiri atas layar ponsel akan terlihat dua
indikator sinyal. GSM di kiri dan CDMA di kanannya. Nama operator yang
tersaji di layar ponsel merupakan nomor utama yang aktif.

Anggaplah saat ini pengguna memasangkan kartu Telkomsel dan Mobile-8.
Nama operator yang tampil di layar Mobile-8. Kalau pengguna mengetikkan
nomor dan diakhiri dengan menekan tombol bersimbol gagang telepon
berwarna hijau, maka panggilan keluar dilakukan via Mobile-8. Sebab,
operator CDMA itulah yang ketika itu menjadi nomor utama.

Seandainya pengguna ingin melakukan panggilan memakai Telkomsel,
pengguna harus lebih dulu mengganti nomor utama. Caranya, tekan dan
tahan tombol tengah navigasi. Sesaat kemudian akan muncul pilihan
CDMA\GSM (yup, garis miringnya memang terbalik), GSM\CDMA, CDMA, dan GSM.
Pilihlah GSM\CDMA. Dalam hitungan detik nomor GSM, dalam contoh ini
Telkomsel, bakal menjadi nomor utama. Tandanya, nama Telkomsel tersaji
di layar H500. Pilihan CDMA bermakna hanya nomor CDMA yang aktif,
sedangkan GSM berarti nomor GSM saja yang aktif.

Bagaimana dengan SMS? Usai mengetikkan pesan dan siap kirim, bakal
muncul pilihan GSM Send atau CDMA Send. Pilihan pertama berarti memakai
nomor GSM, pilihan kedua menggunakan nomor CDMA.

Berbincang tentang fitur, ponsel berdimensi fisik 110 x 45 x 20 mm dan
berat 100 gram ini sebenarnya amat sederhana. Praktis ia hanya bisa
digunakan untuk bertelepon dan ber-SMS. H500 tak mendukung layanan GPRS
dan MMS. Ia juga tanpa kamera maupun slot memori eksternal. Jangankan
inframerah dan bluetooth, koneksi via kabel data pun tidak tersedia.

Sebagai nada dering telepon, pengguna hanya dapat memilih satu di antara
sepuluh nada dering 16 polynote yang tersedia. Sedangkan pilihan alert
SMS tiga buah saja. Pengguna tak dapat menambah atau memodifikasinya.
Maksimal pengguna cuma bisa memadukan nada dering itu dengan vibrate
alias getar.

Buku telepon berkapasitas 300 nama single entry, alarm, dan kalkulator
merupakan fitur lain H500. Untuk mengusir kejenuhan, pengguna bisa
memainkan game Tetris atau Push Box. Ponsel ini dibekali menu berbahasa
Indonesia dan mendukung SIM Tool Kit. Pengguna, misalnya, dapat
menjalankan mobile banking BCA dengan lancar di H500.

Pantaskah dibeli? Bergantung kebutuhan Anda. Untuk pengguna yang sekadar
memerlukan fungsi telepon dan SMS, H500 layak dipertimbangkan. Fiturnya
memang bukan yang terlengkap. Kualitas suara nada dering yang
diperdengarkan bukan pula yang terbaik. Tetapi, dengan harga Rp 1,4
jutaan plus garansi selama setahun, kesepadanan antara harga dan fitur
ponsel ini boleh disebut sebagai salah satu yang terbaik.

Sementara itu, jika Anda termasuk pengguna yang membutuhkan fitur lebih
lengkap seperti bluetooth dan kamera ala kadarnya, melirik ponsel dual
online lain memang lebih tepat. (Herry S.W.)

====

Bisa Saring Panggilan

ZTE H500 sebenarnya memiliki satu fitur menarik. Fitur ini tak pernah
disebutkan di brosur dan poster ponsel itu. Pada iklan yang berkali-kali
dimuat di media cetak, fitur bernama Firewall ini juga tidak disinggung.

Dengan mengoptimalkan Firewall, pengguna H500 dapat menyaring panggilan
masuk. Pengguna secara otomatis bisa menolak panggilan dari nomor
tertentu yang tercantum dalam black list. Sebaliknya, mereka juga
dimungkinkan hanya menerima panggilan dari beberapa nomor yang termasuk
friend list. Bagaimana cara mengaturnya?

* Dari posisi siaga, masuklah ke menu utama. Pilih Phone Menus, Firewall,
lalu Incoming Calls bar. Di friend list, masukkan nomor-nomor telepon
yang bersedia Anda terima meskipun sedang sibuk berat atau tak ingin
diganggu. Sedangkan di black list, masukkan daftar nomor telepon yang
ingin Anda tolak.

* Ketikkan nomor telepon dalam dua format, +62*** dan 0***. Misalnya,
penelepon yang sangat Anda benci menggunakan nomor 08151234. Maka,
simpan di black list dengan format penulisan +628151234 dan 08151234.

Format pertama, dengan awalan +62, berfungsi untuk menyaring panggilan
masuk ke nomor GSM. Sedangkan format kedua yang berawalan 0 menghadang
panggilan masuk ke nomor CDMA.

* Untuk mengaktifkan friend list atau black list, masuklah ke Phone
Menus, Firewall, Incoming Calls bar, kemudian Current Settings. Di
dalamnya terdapat empat pilihan. Bar all berarti Anda menolak semua
panggilan masuk. Bar Blacklist berarti Anda hanya menolak panggilan
masuk dari nomor-nomor yang tersimpan di black list.

Sedangkan Friend Only bermakna Anda hanya bersedia menerima telepon dari
orang yang nomor teleponnya telah tersimpan di friend list. Pilihan
terakhir, Cancel All, berarti Anda mau menerima semua panggilan masuk.
Sama sekali tak ada penyaringan atau tebang pilih. (hsw)

====

Pakai Handsfree Motorola

Di sisi kanan atas ZTE H500 ada sebuah tutup karet. Bila dibuka terlihat
satu lubang untuk colokan handsfree berkabel. Padahal, handsfree tidak
disertakan dalam paket penjualan H500.

Tak perlu bingung. Belilah handsfree berkabel untuk ponsel Motorola atau
Samsung. Cari yang model konektornya serupa dengan colokan earphone.
Handsfree seperti itu kompatibel alias dapat digunakan di H500. (hsw)

=======

Salam,

Herry SW

Jalur konsultasi: blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw