Pemerintah bukannya sudah ambil sikap? Bahwa dalam 1 bulan Netflix harus
sesuaikan dengan peraturan perundang2an yang berlaku (yg mana masih 'agak'
overlapping dan kurang jelas aturannya)...  Tp justru ketidakjelasan ini
bisa jadi baik utk netflix, tentunya selama mereka komunikasi dgn
kementrian kominfo mengenai aturan yang mesti mereka penuhi.  Dan tampaknya
kementrian era sekarang lebih ngerti teknologi dan terbuka dgn model bisnis
telko/multimedia yang makin berkembang baik sekarang ini.  Saya sempat
baca, Menkominfo kasih statement yg kira-kira menyatakan bahwa regulator
akan memfasilitasi model bisnis seperti Netflix ini apabila mau masuk
secara resmi ke Indonesia.  Dan kalau tidak salah kata menteri waktu itu
kalau perlu aturannya yang disesuaikan.

Dari situ bisa disimpulkan bahwa Telkom kurang etis dalam menjalankan
bisnisnya melalui pemblokiran Netflix, apalagi kalau benar modusnya ingin
menekan Netflix untuk kerjasama dgn Telkom Group dalam penyediaan konten
berbayar...

Rgds,
JB