Kebetulan saya sudah berkali-kali berangkat ke luar negeri atas undangan
produsen ponsel atau operator seluler. Untuk acara yang bersamaan dengan
pameran akbar multimerek, misalnya Mobile World Congress di Barcelona,
setiap pengundang memiliki aturan tidak tertulis sendiri-sendiri.

1. Ada yang relatif bebas. Peserta hanya diwajibkan hadir pada sesi
acara, sebut saja, A, B, dan C. Jadwal tidak terlalu padat. Di luar sesi
itu peserta bebas berkeliling. Mau berkunjung ke stan kompetitor, bahkan
menuliskan berita tentang kompetitor, sama sekali tidak dilarang.

2. Ada yang bebas terbatas. Maksudnya gini. Peserta sebenarnya boleh
saja mampir ke stan atau acara merek lain. Masalahnya, jadwal acara
resmi dari pengundang itu telah dibuat sangat padat. Jadi, nyaris nggak
ada waktu buat keliling deh.

3. Ada yang ketat dan diarahkan. Ini adalah poin nomor 2 yang ditambah
dengan aneka wanti-wanti dilarang begini dilarang begitu. Intinya, para
undangan mesti mencurahkan waktu untuk merek pengundang. Pengundang yang
termasuk poin nomor 3 biasanya sudah melakukan seleksi sejak awal. Hanya
"anak manis" yang akan masuk dalam daftar undangan. Bandel? Jangan harap
lain kali diundang lagi deh.

Salam,

Herry SW

Jalur konsultasi: blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw