iya .. barusan baca baca lagi .. sepertinya saya salah .. untuk semua
perangkat telekomunikasi perlu izin postel untuk bisa keluar bea cukai ..

berarti semestinya ini berlaku juga untuk yang hand carry ya ..

ini ada press realease dari tahun 2008 .. mungkin sudah gak jalan
kerjasamanya :p

http://www.postel.go.id/info_view_c_26_p_664.htm