selamat pagi,

angkat thread lama untuk berbagi pengalaman.

baru nyoba vpngate selama 2 mingguan sesuai rekomendasi Pak Arianto.
menurut saya, reliable untuk ukuran gratisan. patokan reliablenya berdasar
kebutuhan saya untuk lancarnya akses saat membuka netflix, ketika saya
padukan dengan LTE XL atau Indosat. kalau dari sisi security atau hal lain,
saya tidak tahu dan tak punya pengetahuan teknis untuk mengulasnya.

soal gonta ganti provider, menurut saya tak begitu merepotkan karena ada
aplikasi pembantunya. kalau di android, bisa memakai kombinasi aplikasi
openvpn dan aplikasi vpn gate list (untuk kemudahan mencari vpn yang aktif
dan import pengaturan vpn ke aplikasi openvpn, tanpa perlu harus selalu ke
situs vpngate untuk melihat daftar provider vpn).

terima kasih,
salam.

redmi 3, cm 12.1