dear Om Zaki dan teman-teman lainnya yg memantau thread ini

Sehubungan telah dibuatkan thread mengenai pendapat mengenai permasalahan
om Zaki, saya ingin memberikan klarifikasi supaya tidak jadi bola liar
karena di threadnya om Zaki yang tidak menyebut nama si seller siapa yang
berpotensi bisa saja orang lain jadi berprasangka dan bisa jadi salah nama.

Jadi seller yang dimaksud om zaki adalah saya (iwan), yang menjual Unit
Note 4 Duos Gold fullset like new.

terima kasih ya buat om Zaki telah membawa permasalahan ini ke milis dengan
harapan ada saran & pendapat dari teman-teman sekalian mengenai keluhan
yang om Zaki sampaikan di milis ini.

Saya ceritakan dulu kronologisnya versi saya

tgl 10 Jun 16 (hari jumat)

- Om Zaki BBM saya menanyakan stock Note 4 Duos warna gold yg saya jual,
saya bilang ada stock, dia kemudian bertanya bisa gak cod? saya bilang
bisa, akhirnya kesepakatan COD di kampus UI depok, yg COD nanti dgn
keponakan om Zaki yaitu Mas Muhammad
- Jumat sore agak rintik di kampus UI, saya bertemu mas Muhammad kemudian
saya kasih beliau Note 4 Duos tanpa cek detil lagi. asumsi barang ok dan
tidak ada masalah.

tgl 12 Jun 16 (hari minggu, lusa kemudian)
- Mas Muhammad whatsapp saya, bahwa unit bermasalah, disebutkan proximity
error. Saya sarankan untuk memencet bagian tertentu supaya proximity
berfungsi. Utk sementara sih solve, tapi akhirnya error lagi.
- Awalnya saya tidak mau tukar, karena barang ini saya secara personal
hanya bergaransi sehari. Standar dalam saya berjualan apapun itu barangnya
minimal saya berikan garansi sehari. Ada beberapa produk tertentu saya
berikan garansi 3 hari, seminggu, setahun (kalau lebih dari sehari, saya
sebutkan secara jelas berapa hari)
- Karena dipaksa dan juga saya jaga hubungan baik dengan mas Zaki, saya
mengiyakan utk tuker unit. Tapi tidak bisa langsung tuker unit, saya musti
menukar dahulu ke supplier.
- kemudian saya membuat janji keesokan harinya supaya unit diantar besok
pagi, biar siang unit bisa dituker dan ditest dahulu.
- ohya mengenai garansi 1x24 jam ini awalnya saya tidak menyebutkan garansi
sehari ini ya, baik broadcast di socmed maupun di milis. Ketika sudah mulai
muncul komplain ini, maka sejak tgl 13 Jun 16 dalam jualan saya
mencantumkan secara explisit garansinya meski itu cuma sehari biar jelas
dibaca.

tgl 13 Jun 16 (hari senin, keesokan harinya)
- Sesuai BBM, harusnya pagi unit sudah diantar ke kantor saya di jaksel,
tapi siang baru diantar via gojek.
- Sore, saya baru mendapatkan unit pengganti. saya test keseluruhan, no
problem dan saya yakin dan siap untuk COD
- BBM-an dgn om Zaki, akhirnya kesepakatan COD di Stasiun UI jam 20.30
malam.
- Sewaktu COD, saya mempersilahkan Om Zaki dan ponakannya utk mengecek
sedetil-detilnya.
- Sekalian saya info, ini unit pengganti tidak bergaransi. selepas ini
kalau ada keluhan, bukan tanggung jawab saya lagi.
- done

transaksi selesai

tgl 18 Jun 16 (5 hari kemudian)
- Mas Muhammad (ponakan om Zaki) wa saya, menanyakan harga mi 5, lalu saya
infokan harga terbarunya
- Setelah itu mas Muhammad bertanya, bisa tukar tambah dengan Note 4 Duos
miliknya? saya bilang belum bisa karena saya masih ada stock banyak (walau
barangnya di supplier semua, saya ada beban mental untuk membantu
menghabiskan stock tersisa, karena supplier teman baik dan meminta bantuan
saya utk menghabiskan stock yg ada)
- Ohya, model seller kayak saya gini, 60% barang dari supplier, 40% nyetok
sendiri, terkadang 80% barang supplier semua. Supplier saya banyak, di
Roxy, di Cemas, di luar kota, di milis dan siapa aja yg mau kerjasama sama
saya. Yang penting saling jaga kepercayaan
- Jadi menurut hemat saya, tidak usah membawa-bawa seller lain ke dalam
thread ini. Apalagi menyinggung supplier saya darimana.
- Lanjut,
- Setelah saya menginfokan belum bisa tukar tambah, mas Muhammad bilang
bahwa unit Note 4 Duos bermasalah lagi di Proximity.
- dan bilang, tidak separah unit pertama.
- kemudian dia bilang akan jual apa adanya dengan kondisi sensor seperti
itu.

Pada hari yang sama,
- Om Zaki kemudian BBM saya, memberitahu bahwa supplier saya tidak bisa
dipercaya, karena unitnya bermasalah lagi. merasa aneh kok 2 unit berbeda
mempunyai permasalahan yg sama.
- Saya bilang, sudah saya sampaikan. Mudah2an jadi evaluasi buat saya dan
supplier untuk memeriksa unit yg lain.
- Karena garansi sudah lewat saya tidak bisa bantu untuk tukar unit lagi
atau refund karena sudah lewat 5 hari.
- om Zaki bilang akan membawa permasalahan ini ke Milis dan saya bilang
persilahkan dan harapan bisa mendengar pendapat dan saran dari teman-teman
- Saya tidak menghiraukan ini, kalau mau dibawa ke milis silakan. Mudah2an
ada solusi bagus.
- Karena posisi saya, hak dan kewajiban sebagai seller sudah saya tunaikan
> beri garansi > tukar unit > COD > saling cek detil.

Tgl 21 Jun 16
- Om Zaki akhirnya membawa permasalahan ini ke milis.
- kemudian keponakannya meminta untuk refund uang sebesar 4.5jt dgn jangka
waktu seminggu.
- Win2 solution yang saya tawarkan yaitu bantuan servis gratis unit yg
rusak trsebut dan bantu jualin karena note 4 ini sampai laku.
- Saya minta ke om Zaki tidak perlu melibatkan seller lain karena tidak ada
hubungan dengan permasalahan ini.
- Kemudian beberapa jam kemudian, saya dan om Zaki sepakat tidak perlu
memperpanjang masalah ini di milis karena sudah ada win-win solution
- Permasalahan kemudian ini menjadi evaluasi bagi saya, bahwa menjual
barang harus dijelaskan secara explisit dilapak jualan mengenai masalah
garansi berapa lama, kondisi barang secara detil dll, ya pikiran saya waktu
itu Buyer tinggal nanya masalah detil dll via Japri karena selama ini saya
berjualan bertahun-tahun sejak join di gadtorade dari 2010 belum pernah
menemukan masalah.

Akhir kata, komunikasi yg baik, kejernihan berpikir dan kedewasaan pribadi
menjadi kunci untuk mencari solusi akhir yang baik.

Terima kasih buat teman-teman yang memberikan support via japri.

Demikian klarifikasi dari saya, semoga clear.

Iwan
08170002442 (wa/tg)

Gadget Supply
Jasa Kloteran