Izin share review smartphone lagi ya :)

Artikel di blog (foto lebih lengkap):
http://www.gontagantihape.com/2016/06/review-lenovo-vibe-k5-plus-indonesia.html

Hasil Foto ada di:
http://www.gontagantihape.com/2016/06/hasil-foto-menggunakan-kamera-lenovo-vibe-k5-plus.html

Unboxing Video:
https://www.youtube.com/watch?v=tuK1dAYfMsg

----------

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://2.bp.blogspot.com/-5OxsDuvASyI/V3Q0SGMKaaI/AAAAAAAAE8k/O67gQAbKKHMtt-9Y_fKInaSaJPzmyRnsACLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_013.jpg>

Mengusung *processor* Qualcomm Snapdragon 616, *body* berbalut bahan *metal*,
serta layar berdimensi lima inci, Lenovo VIBE K5 Plus mau tak mau akan
selalu diperbandingkan dengan Xiaomi Redmi 3
<http://www.gontagantihape.com/2016/03/review-xiaomi-redmi-3-indonesia.html>
pada
saat mulai dijual di Indonesia. Dirakit di Banten, membuat Lenovo VIBE K5
Plus dapat melenggang dengan penuh keyakinan ke pasar *smartphone* Indonesia,
tanpa kekhawatiran akan masalah TKDN.

Bahkan, Lenovo VIBE K5 Plus saya yakini akan menggerus hegemoni Hisense
yang dikenal dengan seri Pureshot
<http://www.gontagantihape.com/2015/12/full-review-hisense-pureshot-hs-l671-indonesia.html>-nya
yang dapat disandingkan dengan semua kartu operator seluler di Indonesia.
Bagaimana tidak, Lenovo VIBE K5 Plus dijual di rentang harga setara (bahkan
sepertinya lebih terjangkau), dan sama-sama di-*bundling* dengan perdana
Smartfren, operator CDMA yang memiliki basis pengguna tersendiri selama ini
akibat terbatasnya pilihan *handset* yang dapat dipasangi kartu sim mereka.

Tapi apakah secara keseluruhan Lenovo VIBE K5 Plus memang layak untuk
dimiliki? Lanjut teruskan membaca sampai habis ya. Semoga *review* kali ini
tak membuat Anda bosan untuk menggulung layar hingga ujung terbawah.

*Unboxing* dan *First Impression* pada Lenovo VIBE K5 Plus

Khusus untuk pembelian secara *online* melalui beberapa *e-commerce* yang
menjadi mitra, paket penjualan Lenovo VIBE K5 Plus menyertakan satu buah
ANT VR *Headset*. Ada satu kebiasaan yang hilang kali ini, yaitu absennya
*hardcase* bening yang biasanya menjadi bonus dari Lenovo untuk jajaran
*smartphone* yang mereka rilis. Untungnya *screen protector* berupa mika
tipis masih mereka sediakan, mengingat ketersediaan aksesoris Lenovo VIBE
K5 Plus pada saat tulisan ini dibuat masihlah minim.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://3.bp.blogspot.com/-TsNqc9UOiYs/V3Q0SHuBe9I/AAAAAAAAE8g/ouPZ6JNJRXYRNsSfhVdkK5cy17frHuOMgCLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_012.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - kelengkapan dalam kotak penjualan

Lenovo VIBE K5 Plus yang saya beli adalah yang varian Graphite Grey (atau
Black?). Prosesi buka kotak saya abadikan dalam sebuah video berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=tuK1dAYfMsg

Warna Graphite Grey pada Lenovo VIBE K5 Plus terasa *cowok banget*, saya
menyukai warna abu-abunya yang gelap sekali. Tidak ada kesan murahan yang
muncul pada *smartphone* yang satu ini. *Backcover*-nya yang berlapis
alumunium ternyata dapat dilepas, dan proses untuk melepasnya menurut saya
terbilang mudah, jauh lebih mudah daripada saat saya mencoba membuka *backcover
metal* milik Flash Plus 2
<http://www.gontagantihape.com/2016/06/review-singkat-flash-plus-2-indonesia.html>
.

Di balik *backcover*-nya, Lenovo VIBE K5 Plus menghadirkan sesuatu yang
kini sudah banyak ditinggalkan para *vendor* pembuat ponsel: baterai yang
dapat dilepas, dua buah *slot micro-sim*, dan satu buah *dedicated slot
micro-sd*. Satu yang saya sayangkan adalah kapasitas *micro-sd* yang dapat
dipasangkan paling besar hanya 32 GB saja.

Dengan memori internal sebesar 16 GB, praktis total media penyimpanan yang
dapat pengguna pakai secara efektif hanya sekitar 40 GB saja. Tentunya ini
setelah kita kurangi dengan ruang yang dipakai sistem dan aplikasi. Namun
demikian, untuk urusan ini Lenovo VIBE K5 Plus masih saya katakan unggul
dari Xiaomi Redmi 3 yang terbawa arus pergaulan *hybrid slot* untuk
*sim-card* kedua dan *micro-sd*, hehehe.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://1.bp.blogspot.com/-b4YChQVEj9A/V3Q0RyNxVLI/AAAAAAAAE8c/wt_9oEYkY7YehktWqdGNPibhbgbhd4t-gCLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_011.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - penampakan di balik *backcover*

Oh ya, Lenovo VIBE K5 Plus sudah mendukung OTG koq, jadi masalah ini bisa
semakin tidak terasa ya.

Lenovo membekali VIBE K5 Plus dengan baterai berkapasitas 2.750 mAh yang
ditemani kepala *charger* dengan kuat arus 1,5A. Tanpa kehadiran dukungan
terhadap *quick charging*, proses pengisian baterainya masih masuk akal dan
tergolong cepat, tidak sampai dua jam.

Beralih ke sisi layar, Lenovo VIBE K5 Plus boleh berbangga hati mengingat
resolusi layarnya sudah Full HD, 1920*1080 pixels. Pun reproduksi warna
yang dihasilkan terasa hidup dan cerah, bahkan sudah bisa dikategorikan
sebagai layar yang *vivid*. Tidak se-*vivid* Super AMOLED yang saya temukan
pada OnePlus X
<http://www.gontagantihape.com/2016/04/review-oneplus-x-indonesia.html>,
maupun layar IPS pada Xiaomi Mi 4c
<http://www.gontagantihape.com/2015/11/review-xiaomi-mi-4c-indonesia.html>
 atau ZTE Blade S7
<http://www.gontagantihape.com/2016/04/review-zte-blade-s7-indonesia.html>
memang,
namun saya pastikan jauh lebih baik dari layar Xiaomi Redmi 3.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://3.bp.blogspot.com/-A93EVCUjQLU/V3Q0PIQwtsI/AAAAAAAAE74/erE6b_aLelYp6aDWG4tbrMFNkYJ2FdhRQCLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_001.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - layarnya cerah

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://2.bp.blogspot.com/-c8bXmQy2OHY/V3Q0QMH85fI/AAAAAAAAE8A/_Sg47FTxzJYkBxsQjhtSUgHtNyuNZ88dwCLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_004.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - sisi kanan, tombol *power* dan *volume rocker*

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://2.bp.blogspot.com/-Tq25Rfurt7s/V3Q0QXjubkI/AAAAAAAAE8I/YoIOdh9RY6g1Al4g3nAqxeqaZV2yn72eACLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_005.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - sisi bawah hanya ada mikrofon

Lampu latar pada layar Lenovo VIBE K5 Plus rasa-rasanya terlalu menyilaukan
mata saya pada saat menggunakan mode *auto-brightness*, dari itu saya
putuskan untuk mengatur tingkat kecerahannya sebesar 30-40 persen saja,
sekaligus untuk lebih menghemat baterai.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://4.bp.blogspot.com/-ZdRHXYeHqRw/V3Q0SsAspGI/AAAAAAAAE8o/D8ye4uzAuB8mFhVjv6l24nlWJdB4v7y1ACLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_014.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - posisi kamera, LED *flash*, dan logo Lenovo

'Dosa' Lenovo VIBE K5 Plus ada pada tombol kapasitif yang dihadirkan tanpa
backlight. Saya pribadi cukup menyukai ikon pada tombol kapasitif yang
berukuran cukup besar dan jelas dengan penggunaan warna *silver*. Namun
sebuah komentar negatif terhadap tombol kapasitif saya dapatkan di Youtube,
katanya terkesan murahan. Saya coba ingat-ingat lagi dan akhirnya bisa
menyimpulkan kenapa ada orang berkomentar seperti itu, rupanya tombol ini
mirip dengan apa yang ada pada *smartphone* Advan terbaru. Ha, ha, ada-ada
saja, masa cuma karena mirip dengan tombol Advan lalu dikatakan jelek.

Satu hal lagi yang tak biasa dari Lenovo VIBE K5 Plus adalah penempatan
lubang alias *port* micro USB yang diletakkan pada sisi atas ponsel. Saat
digunakan sambil di-*charge* dan diletakkan di atas meja sih jadinya malah
lebih enak posisinya, cuma jika digunakan untuk menelepon nampaknya akan
terasa aneh ya jika kabelnya tercolok di bagian atas.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://2.bp.blogspot.com/-hMuqavt4PG8/V3Q0O7yb2oI/AAAAAAAAE78/XGtXQdI5EqoRvCGMge_Y49G9viyu40M3ACLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_003.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - ini sisi atas lho!

Bahasan terakhir pada bagian ini adalah dua buah *speaker* dari Lenovo VIBE
K5 Plus. Ya, jumlah *speaker*-nya memang benar-benar ada dua, tidak cuma
lubangnya saja yang dua. Dilabeli dengan logo Dolby, kualitas *output
audio*-nya
cukup menjanjikan, asalkan tidak digunakan sembari menyimpannya di atas
meja atau kasur ya. Posisi lubang *speaker* yang ada di sisi belakang
*body* ponsel
membuatnya rentan tertutup sehingga *volume* suaranya kurang terdengar.

Informasi *Hardware* Lenovo VIBE K5 Plus

Berikut saya sertakan beberapa *screenshot* berisi informasi *hardware* yang
biasanya banyak dibutuhkan oleh sebagian besar orang yang sedang mencari
informasi lengkap mengenai suatu *smartphone* yang membuat mereka tertarik
untuk memilikinya.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus - kelengkapan
sensor]
<https://3.bp.blogspot.com/-U-WMluwJm48/V3R2HRRgplI/AAAAAAAAE_Y/8E1f4HvAza89wc4-g6g9-1sZ-J5AsMYBgCLcB/s1600/Screenshot_2016-06-22-11-55-49.png>

Lenovo VIBE K5 Plus - kelengkapan sensor

Pada saat saya ingin melakukan proses *benchmark* sintetis menggunakan
Antutu, saya menemukan keanehan pada Lenovo VIBE K5 Plus. Ternyata Antutu
3DBench dianggap tidak kompatibel untuk *smartphone* ini oleh Googla Play
Store. Setelah saya cari-cari lagi, Instagram pun mengalami kasus yang sama.

Untuk mendapatkan skor Antutu Benchmark ini, saya pun terpaksa mengunduh
sendiri apk dari Antutu 3DBench. Skor Antutu-nya terasa kecil, apabila
dibandingkan dengan Coolpad Max Lite
<http://www.gontagantihape.com/2016/06/review-coolpad-max-lite-indonesia.html>
yang
hanya menggunakan *processor *Snapdragon 415 namun mampu menghasilkan skor
34-ribuan. Mungkin faktor RAM Coolpad Max Lite yang 3GB dan layarnya yang
hanya beresolusi HD saja, membuat performanya dinilai lebih baik.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus - skor antutu
benchmark]
<https://1.bp.blogspot.com/-urpIOexSsPE/V3R2Iq1gUPI/AAAAAAAAE_s/chJXkavusmoPhn9zxNIub6eOyCYIO9l4gCLcB/s1600/Screenshot_2016-06-23-03-26-32.png>

Lenovo VIBE K5 Plus - Skor Antutu Benchmark

Lenovo VIBE K5 Plus dalam Penggunaan Sehari-hari

Setelah tahu informasi *hardware *yang dimiliki oleh *smartphone* ini, lalu
kemudian Anda pasti bertanya bagaimana performa nyatanya dalam keseharian.
Para pemuja skor Antutu mungkin sudah berbalik arah pada tahap ini.
Bagaimana tidak, skornya tak sampai 30 ribu!

Performa Qualcomm Snapdragon 616 pernah saya rasakan di Xiaomi Redmi 3, dan
saat itu tak mampu membuat saya terkesan, khususnya untuk proses
*multitasking* dan perpindahan antar aplikasi yang terasa ada jeda.

Berpindah dari Meizu M3 Note
<http://www.gontagantihape.com/2016/05/unboxing-dan-quick-review-meizu-m3-note-indonesia.html>
yang
sudah menggunakan *processor *terbaru Mediatek Helio P10 dan RAM 3 GB
menuju ke Lenovo VIBE K5 Plus yang memiliki RAM 2 GB saja, saya merasakan
penurunan performa yang signifikan. Kurang lebih performa Lenovo VIBE K5
Plus sama dengan Xiaomi Redmi 3. Namun, jika kita ingat-ingat lagi bahwa K5
Plus punya tanggung jawab lebih untuk mengelola sebuah layar beresolusi
Full HD, performa Xiaomi Redmi 3 yang layarnya hanya punya resolusi HD jadi
terasa semakin lemah, he.. he..

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://3.bp.blogspot.com/-S53CTV0vURE/V3Q0Q2QRHTI/AAAAAAAAE8M/3M2EpRKOXpgQKfVRr-838R8gJNrQ2sBewCLcB/s1600/00_2016_06_gontagantihape_com_039_review_lenovo_vibe_k5_plus_graphite_grey_black_007.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - tombol kotak itu untuk menu!

Sayangnya, untuk urusan *multitasking* ini, Lenovo sedikit memperlambat
proses perpindahan antar aplikasi dengan tombol kapasitif yang berfungsi
sebagai menu kala disentuh. Ya, untuk mengakses *recent apps* dan berpindah
antar aplikasi yang sedang aktif, kita harus melakukan tekan dan tahan
tombol yang berada di urutan paling kiri tersebut. Jadi makin terasa lebih
lama deh.

Performa *gaming* sendiri tidak ada masalah, saya sudah mencoba memainkan
game Asphalt 8 pada Lenovo VIBE K5 Plus, dan tidak menemukan kendala
berarti.

Lanjut ke masalah baterai, ini adalah satu-satunya bahasan di mana Lenovo
VIBE K5 Plus kalah sangat telak dari Xiaomi Redmi 3. Kapasitas baterai
2.750 mAh yang disandang belum mampu menghidupi dirinya hingga menembus
batas waktu *seorang tamu wajib lapor ke Pak RT*. Ya, 1 x 24 jam belum
mampu ditembusnya dalam pemakaian ala saya.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://1.bp.blogspot.com/-guHBIeRM31o/V3R2JQZztiI/AAAAAAAAFAM/67Dy7qqVYnwQ7OGdp2cPpvn_WaVCg2cpQCKgB/s1600/Screenshot_2016-06-23-19-16-10.png>

Lenovo VIBE K5 Plus - *battery usage*

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://1.bp.blogspot.com/-tgutk3jFDLY/V3R2JbpDsSI/AAAAAAAAFAM/WJLNgU8tYN0OCuBB6mtTHXYR6jCRedkFQCKgB/s1600/Screenshot_2016-06-23-19-16-15.png>

Lenovo VIBE K5 Plus - *screen-on time*

Wajar? Bisa jadi wajar. Xiaomi Redmi 3 dengan baterainya yang 4.000 mAh
rata-rata bertahan 36 jam dalam pemakaian saya, kadang jika sedang sibuk
sampai jarang sekali menyentuh hape, bisa lah tembus 48 jam. Jika Anda
beranggapan dengan perbandingan kapasitas baterai 4.000 mAh versus 2.750
mAh, seharusnya Lenovo VIBE K5 Plus mampu melenggang melewati 24 jam dengan
mudah, coba diingat kembali resolusi layar kedua *smartphone* ini. Wajar?
Wajar kan? :D

Atau jika terasa kurang wajar, Lenovo ternyata belakangan merilis juga VIBE
K5 (tanpa Plus) yang merupakan versi sunat dengan perbedaan utama pada
spesifikasi layar yang beresolusi HD saja, *processor* Snapdragon 415, dan
tanpa dukungan VR. Saya kurang tahu maksud tanpa dukungan VR ini apakah
hanya ketiadaan VR *Headset* pada paket penjualannya yang ditempatkan pada
harga Rp 1.999.000,-, ataukah ada sensor yang juga mengalami penyunatan ya.

Sementara untuk Lenovo VIBE K5 Plus, penggunaan VR *Headset* tidak menemui
kendala sama sekali.

Harap lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya ya, karena ada satu bahasan
lagi di mana Lenovo VIBE K5 Plus menang sangat telak dari Xiaomi Redmi 3,
bahkan mungkin dari kebanyakan *smartphone* di harga dua jutaan.

Kamera Lenovo VIBE K5 Plus

Melihat harganya yang hanya Rp 2.249.000, saya berani memberi nilai 8.5/10
untuk kamera Lenovo VIBE K5 Plus.

Lihat satu foto di bawah ini ya. Tahu gejrot, nikmat sekali dimakan saat
berbuka puasa. Eh, bukan itu yang mau dibahas, tapi amati kualitas hasil
gambarnya yang saya ambil saat berbuka puasa di *foodcourt* salah satu mal
di Bandung. Dengan pencahayaan lampu neon ala mal, hasilnya sangatlah
memuaskan bagi saya.

[image: GontaGantiHape.com - Review Lenovo VIBE K5 Plus]
<https://2.bp.blogspot.com/-Oi-Svi2E0r4/V3R186M2R7I/AAAAAAAAE_I/ogaM_JECzEYcpcYZCyyXW8z085vv9iEwwCLcB/s1600/IMG_20160623_180021.jpg>

Lenovo VIBE K5 Plus - hasil fotonya menawan

Hasil foto selengkapnya, silakan lihat di artikel hasil foto menggunakan
kamera Lenovo VIBE K5 Plus
<http://www.gontagantihape.com/2016/06/hasil-foto-menggunakan-kamera-lenovo-vibe-k5-plus.html>
berikut
ini ya.

Plus dan Minus Lenovo VIBE K5 Plus

Tak terasa sudah masuk ke bagian yang membahas sisi baik dan buruknya nih.
Sama seperti pasangan hidup, sebuah *smartphone* pun tak ada yang sempurna.
Ada sih *smartphone* yang memiliki semua kelebihan di sana-sini, tapi
biasanya kitalah yang tidak memiliki kelebihan dana untuk memilikinya.
Miris yak!

Begitu pula dalam mendapatkan pasangan hidup, bersyukurlah dengan pasangan
Anda saat ini. Saya tahu, pasti kebanyakan kita mendambakan pasangan
seperti Dian Sastro atau Gista Putri, tapi lihat sendiri deh siapa yang
mereka pilih untuk merajai hati mereka. Hayoo siapa coba yang suka ngarep
sama salah satu dari selebritis tersebut? Ngaku! He.. he..

Kelebihan dari Lenovo VIBE K5 Plus

   1. Salah satu *best camera* menurut saya, tentunya di *level* harganya.
   2. *Dual-sim* dengan *slot micro-sd* terpisah.
   3. Dirakit di dalam negeri, dipastikan resmi dapat mengakses jaringan
   4G, dan bisa pakai semua operator seluler di Indonesia.
   4. Baterai dapat dilepas.
   5. Layarnya sangat baik dan tajam.
   6. *Speaker Stereo* dengan Dolby Audio.
   7. Ditambah dengan *looks* dan *feels*-nya yang menawan, menjadikannya
   sebuah *all-in valuable* *smartphone*.

Kekurangan dari Lenovo VIBE K5 Plus

   1. Tombol kapasitif tanpa lampu latar, tombol kotak berfungsi sebagai
   menu, bukan *recent apps*, dan tidak ada pengaturannya untuk ini.
   2. Performanya tidak terlalu kencang.
   3. Baterai ngos-ngosan.
   4. Posisi *speaker* di belakang, rentan tertutup.
   5. Harus melepas baterai untuk dapat melepas *micro-sd*, tidak *hot
   swappable*.

Apa Kata Aa tentang Lenovo VIBE K5 Plus

Kalau sudah punya *powerbank*, *smartphone* yang satu ini sangat layak buat
dibeli. Kamera keren, layar kinclong, suara bertenaga, dan sudah mengadopsi
*trend* *smartphone* berlapis *metal*. Sisi multimedia dan desain luarnya
jadi keunggulan. Buat Anda yang tidak menggunakan *smartphone* dalam porsi
berat, seperti *gaming* dan *streaming* berkepanjangan, bisa jadi ini
adalah pilihan yang tepat.

Nampaknya Lenovo tidak hanya sebatas mengubah strategi *branding* mereka,
Lenovo VIBE K5 Plus yang sejatinya adalah Lenovo A6020 terasa mengalami
peningkatan yang signifikan dari seri sebelumnya, A6000 dan A6010.

Ditambah kemampuannya mengakses jaringan Smartfren (tak cuma data, *voice
call* via LTE alias VoLTE pun bisa lho!), rasa-rasanya Lenovo VIBE K5 Plus
akan mampu menyeruak dominasi jajaran *smartphone* Hisense dan Samsung J
series deh.

Saya bahkan merencanakan Lenovo VIBE K5 Plus untuk dipakai lama, sebelum
kemudian sebuah Vivo V3 mampir ke keranjang belanja dan membuat saya saat
ini belum dapat memutuskan apakah akan *keep* Lenovo VIBE K5 Plus atau
tidak. Tunggu *review* Vivo V3 dari saya nanti untuk mengetahui kelanjutan
cerita ini ya. Apakah Dian Sastro atau Gista Putri yang saya pilih?
Rahasia! He.. he.. he..

-------

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com> */